Dulu Ilegal Fishing, KBA Lenggoksono Jadi Destinasi Konservasi hingga Snorkling

Konservasi karang buatan KBA Lenggoksono Tirtoyudo Malang.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Malang, VIVA JatimPantai bersih, asri dan gemercik air terjun di dekat pantai yang disebut 'Banyu Anjlok' suguhkan suasana alam alami. Itulah gambaran Kampung Berseri Astra (KBA) Lenggoksono Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Wisatawan yang berkunjung, Agung Triono dengan cekatan dan ramah menyambut kedatangan ke desanya. Selain sebagai pegiat lingkungan, ia juga diberi amanah oleh Astra sebagai Local Champion KBA Lenggoksono

Dari dalam dirinya terpatri dan mengalir darah keluarga pegiat lingkungan. Sang ayah, menjadi contoh hingga sekarang tak pernah terlupakan. 

Kala 2010, kondisi pantai cukup memprihatinkan. Kotor, kumuh hingga menjadi sarang ilegal fishing dari berbagai nelayan yang berada di wilayah Pantai Malang Selatan.

Bertahun-tahun kejadian seperti itu tidak ada yang peduli sama sekali terhadap kelestarian alam yang ada di Lenggoksono. Lantas muncullah sebuah ide gagasan dari ayah Agung, almarhum Hari Budiono.

"Bapak saya selaku ketua nelayan menginisiasi adanya konservasi tahun 2010. Ketika pada saat itu dampak yang dirasakan itu memang benar-benar di luar ekspektasi kami," ujar Agung Triono kepada VIVA Jatim, Minggu 20 Oktober 2024.

Tak hanya ayahnya. Termasuk saudara orang tua Agung sendiri memang memiliki latar belakang jiwa sosial tinggi dan kepedulian alam sudah seperti biasa dilakukan.