PT KGI Raih Rekor MURI sebagai Perusahaan Kosmetik Pertama di Indonesia Terapkan Teknologi IoT

Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana (kuning)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim-PT Kosmetika Global Indonesia (KGI) mencatatkan rekor MURI sebagai perusahaan kosmetik pertama yang menerapkan teknologi Internet of Things di Indonesia. Penyerahan penghargaan ini bersamaan dengan acara Annual Customer Gathering 2024, di Shangri-La Hotel, Surabaya, Sabtu, 28 September 2024.

Annual Customer Gathering dihadiri ratusan undangan pemilik usaha kecantikan atau para beautypreneur berbagai skala yang telah pelanggan setia KGI. Rekor MURI tersebut sebuah prestasi luar biasa dalam perjalanan KGI.

Pendiri KGI sekaligus pemilik brand perawatan kulit MS Glow, Shandy Purnamasari mengatakan rekor MURI yang diraih KGI menjadi penyemangat untuk terus berinovasi. Ia menegaskan KGI ingin terus berkembang.

"Kami ingin bisa terus tumbuh dan berkembang tanpa henti, tanpa batas; menjadi perusahaan maklon skin care dan kosmetik yang semakin maju dan cemerlang di Indonesia, serta mampu menebar manfaat bagi seluruh stakeholders-nya, khususnya masyarakat luas,” ujar Shandy.

Shandy menambahkan Annual Customer Gathering merupakan event tahunan sebagai bentuk apresiasi terhadap customer sekaligus perayaan ulang tahun PT KGI yang ke-6. Shandy mengeklaim KGI menjadi perusahaan maklon beragam produk perawatan dan kecantikan kulit yang telah dipercaya oleh ratusan brand.

"Dengan semakin bertambahnya usia, kami semakin menyadari bahwa kompetisi di dunia maklon skin care dan kosmetik semakin tinggi dan perlu kerja keras yang jauh lebih ekstra agar bisa menjadi perusahaan maklon yang terdepan dan mumpuni," kata pasangan pengusaha Juragan 99 Gilang Widya Pramana ini.

Ia menegaskan kepercayaan dan dukungan dari customer menjadi salah satu kunci utama PT KGI bisa terus berkembang dan maju seperti saat ini. Oleh karena itu, ia ingin memberikan apresiasi melalui Annual Customer Gathering 2024.

Event yang bertajuk Grow to Glow, Shandy mengatakan apresiasi yang diberikan kepada customer antara lain pemberian reward berupa mobil, motor dan beauty trip ke luar negeri. Selain iti, Annual Customer Gathering ini juga dimanfaatkan untuk memamerkan salah satu keunggulan dalam proses manufacturing produk-produknya, yaitu teknologi Internet of Things (IoT).

Dengan menerapkan teknologi IoT, lanjutnya, perangkat fisik di pabrik dihubungkan ke internet sehingga dapat dioperasikan tanpa perlu campur tangan manusia karena perasional pabrik bisa dikontrol dari manapun melalui perangkat lunak dari teknologi tersebut.

Hasilnya, kegiatan produksi menjadi lebih modern, efektif, serta hemat dalam operasional. Hal ini yang membuat PT KGI mendapatkan rekor MURI IoT.

Emy Aghnia, beauty influencer yang juga pemilik Bye Bad Skin salut dengan layanan PT KGI dan produknya sangat lengkap. Hal itu membantu pengusaha baik besar maupun kecil untuk bisa terjun di bisnis beauty secara utuh.

"Mulai dari konsultasi bahan baku produk, jenis produk hingga pembuatan dan strategi marketing brand pun bisa dibantu," katanya.

Ia menambahkan telah mempercayakan Bye Bad Skin untuk diproduksi di sini. Sebab dengan teknologi unggulannya sangat memungkinkan untuk memperkecil campur tangan manusia ke dalam pengemasan produk. Sehingga produk akan lebih bersih, steril dan aman bagi para pengguna.