Hari Ini 5 Kloter Jemaah Haji Asal Bojonegoro-Lamongan Masuk Asrama Haji

Jemaah Haji Embarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Proses pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) dari Indonesia dimulai pada Sabtu, 11 Mei 2024, ini. Di Embarkasi Surabaya, hari ini ada 5 kelompok terbang (kloter) yang secara bergiliran dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Surabaya (AHS).

Sesuai jadwal, 4 kloter rombongan CJH yang masuk di hari pertama masuk AHS berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Kloter pertama dijadwalkan masuk AHS sekitar pukul 06.00 WIB. Pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB, dan pukul 10.00 WIB, Kloter 2, 3, dan 4 yang masuk asrama. Masing-masing kloter berjumlah 336 orang.

Sorenya, pukul 16.30 WIB, giliran Kloter 5 yang berasal dari Kabupaten Lamongan masuk asrama haji. Jumlahnya juga sama, 336 orang. Setelah menjalani proses pemeriksaan dokumen, barang, dan kesehatan, jemaah lima kloter itu secara bertahap diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi, keesokan harinya, Minggu, 12 Mei 2024.

Sebelum diterbangkan, jemaah Kloter 1 dijadwalkan mengikuti seremoni pelepasan di AHS pada Sabtu malam nanti sekitar pukul 22.00 WIB. Kloter 1 dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Juanda pada Minggu sekitar pukul 05.50 WIB. Mereka diperkirakan tiba di Madinah, Arab Saudi, di hari yang sama sekitar pukul 14.40 waktu setempat.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Mufi Imron Rosyadi, sehari sebelumnya mengatakan, semua persiapan untuk Melayani jemaah haji sejak dari masuk asrama haji hingga pemberangkatan dan kepulangan sudah siap.

Agar jemaah terlayani dengan baik dan nyaman, pihak PPHI menerapkan layanan fast track. "Alhmadulillah, tahun ini kita pertama melaksanakan layanan fast track. Layanan Fast Track Mecca Route adalah hal baru jadi koordinasi dari semua unsur sangatlah penting mulai dari KKP (sekarang BBKK), Kemenag, Otban, Angkasa Pura," katanya.

Dia mengatakan, layanan fast track pertama kali diberlakukan di Bandara Juanda pada musim haji 2024 ini. Total ada 3 bandara di Indonesia yang memberlakukan layanan fast track, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo, Solo.