Ini Solusi Konkret Luluk-Lukman Tuntaskan Kemiskinan di Jawa Timur

Cagub Jatim Luluk Nur Hamidah
Sumber :
  • A Toriq A

Surabaya, Viva Jatim - Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim memberikan perhatian khusus pada permasalahan kemiskinan di Jawa Timur.

Kemiskinan yang tinggi di Bumi Majapahit ini memang menjadi persoalan klasik yang hingga saat ini masih belum mendapat titik temu solusi. Luluk miris melihat kondisi tersebut mengingat Jatim merupakan provinsi yang besar.

Wanita yang disebut 'Artis Senayan' ini menilai angka kemiskinan di Jatim jauh lebih parah dibandingkan dengan data yang ada. Menurutnya data yang disajikan ke publik terkadang berbeda dengan kondisi sesungguhnya di lapangan.

"Kita berpikir bahwa Jawa Timur itu makmur, tapi ternyata jumlah penduduk terus miskin, Jawa Timur itu bahkan tertinggi di Indonesia," kata Luluk saat diskusi bareng dengan awak jurnalistik Jatim di Joglo Merah Putih, Senin 17 September 2024.

Ketua DPP PKB ini sedikit heran dengan kondisi kemiskinan di Jatim yang masih terpuruk diangka 3,9 juta. Angka tersebut, katanya bukan sebuah prestasi.

"Jangan kemudian kita poles seolah-olah semua baik-baik saja, tetapi kemudian ini menjadi kebaikan yang manipulatif, nah ini nanti kasihan rakyatnya," ujarnya.

Menurut Luluk, tumpuan utama perekonomian masyarakat Jatim yakni di sektor pertanian. Namun seringkali petani Jatim tidak mendapatkan perhatian dan pelayanan yang baik dari pemerintah.