Trans Jatim Koridor V akan Memudahkan Mobilitas Warga Madura

Adhy Karyono Launching Koridor V Trans Jatim
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Bangkalan, VIVA Jatim-Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaunching 15 Bus Trans Jatim Koridor V rute Terminal Bangkalan-Terminal Purabaya berkapasitas 30 penumpang, di Alun-Alun Pendopo Kabupaten Bangkalan, Senin, 30 September 2024. Koridor ini diharapkan memudahkan mobilitas warga Madura yang sering beraktivitas ke Surabaya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengatakan, peluncuran ini merupakan respons dari tingkat urgensi pemerataan layanan transportasi umum di Jatim. Menurutnya, Bus Trans Jatim merupakan solusi kebutuhan untuk membantu mobilitas dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Saat ini, lanjutnya, pelayanan Trans Jatim sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mulai koridor I, II, III, IV. Terbaru koridor V rute Terminal Purabaya - Terminal Bangkalan.

"Akhirnya Koridor V bisa dilaksanakan lebih cepat untuk menjawab kebutuhan dalam memudahkan mobilitas masyarakat Madura yang seringkali melakukan perjalanan Surabaya - Bangkalan untuk bekerja sekaligus membangkitkan potensi ekonomi baru bagi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, perluasan Bus Trans Jatim koridor V yang diberi nama Cakraningrat merupakan wujud nyata Pemprov Jatim mengimplementasikan Nawa Bhakti Satya keempat, yakni Jatim Akses. Terbukti, smart bus yang sudah beroperasi dua tahun ini telah dimanfaatkan 4,3 juta masyarakat di Jatim karena membantu mobilitas masyarakat.

"Hadirnya Trans Jatim Koridor I sampai V sangat penting untuk mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan, menurunkan gas emisi buang atau pemanasan global serta mengurangi pemakaian volume kendaraan," jelasnya.

Lebih lanjut, Adhy menyampaikan, hadirnya Bus Trans Jatim koridor V juga ramah dari sisi ekonomi. Sebab, tarif tiketnya sangat terjangkau. Untuk penumpang umum Rp5.000. sedangkan pelajar, mahasiswa dan santri Rp2.500.