Jatim dan Guetamala Berpeluang Kerjasama Perdagangan Kopi

Adhy Karyono dan Maynor Jacobo Cuyun Salguero
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dan Duta Besar (Dubes) Guetamala untuk Indonesia Maynor Jacobo Cuyún Salguero melakukan penjajakan peningkatan kerjasama antara Guatemala dengan Jawa Timur, khususnya di sektor ekonomi maupun budaya. Keduanya berdiskusi, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin, 30 September 2024.

Adhy mengatakan Maynor melihat Jatim adalah provinsi yang besar dan kuat dalam industri perdagangan dan manufaktur. Menurut Adhy, Maynor mengapresiasi pencapaian Jawa Timur sehingga berminat untuk menjajaki kerjasama lebih jauh lagi.

“Salah satunya beliau ingin ada hubungan Sister City antara Kota Surabaya dengan Kota Quetzaltenango yang merupakan kota kedua terbesar setelah ibukotanya dan juga adalah kota industri,” ujar Adhy.

Sebagai informasi, neraca perdagagan Jawa Timur-Guatemala tahun 2024 mengalami surplus bagi Jawa Timur sebesar 1,25 juta dolar AS. Di mana, nilai ekspor mencapai 1,28 juta dolar AS pada tahun 2024.

Peringkat Guatemala sebagai salah satu negara tujuan ekspor Jawa Timur naik sangat signifikan. Yakni dari yang sebelumnya urutan 83 pada 2023 ke urutan 10 pada periode ke Januari- Maret 2024.

"Kita memang harapkan kerjasama yang lebih intens. Guatemala ini merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia, kopinya luar biasa dan tadi saya diberikan secara khusus oleh beliau," kata Adhy.

Menurut Adhy kerjasama perdagangan kopi berpotensi besar mengingat Jatim juga mampu menghasilkan produksi kopi per tahun 2023 sebanyak 72.825 ton. Oleh karena itu, Adhy melihat peluang menjalin kerjasama dengan Guetamala sangat besar.