Survei ARCI: Khofifah-Emil Unggul Jauh dari Pesaingnya dalam Pertanyaan Spontan

Publikasi hasil survei Pilgub Jatim ARCI
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim-Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas ketiga pasangan calon Pilgub Jatim 2024. Paslon nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak unggul atas dua paslon lainnya yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luman) dan Tri Rismaharini- KH Zahrul Azhar Asumta.

Direktur ARCI, Baihaki menjelaskan dalam survei ARCI simulasi 3 nama Pilgub Jatim dengan gambar kertas suara, elektabilitas Khofifah-Emil di angka 63,4 persen. Disusul Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta di angka 27,1 persen dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (LUMAN) di angka 2,8 persen. Dan ada 6,7 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut Baihaki membeberkan untuk top of mind alias pertanyaan spontan, Khofifah-Emil meraih elektabilitas 50,7 persen. Kemudian Risma-Gus Hans di angka 17,7 persen, dan LUMAN di angka 1,2 persen. Sementara ada 30,4 persen responden belum menentukan pilihan.

Baihaki menyebut elektabilitas Khofifah-Emil terus naik. Menurutnya, pemilih yang belum menentukan pilihan berpotensi akan cenderung ke Khofifah-Emil.

"Tren elektabilitas Khofifah-Emil terus naik. Hampir sebagian besar undicided voters yang sebelumnya di angka 15 persenan, perlahan mulai berkurang dan cenderung memilih ke Khofifah-Emil," tegasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 1-9 Oktober 2024. Survei dilakukan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur dengan jumlah responden sebanyak 1.200.

Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error di angka 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.