Kajian Sumber Daya Air DAS Kedunglarangan AQUA-UGM-Montpellier untuk Pahami Siklus Air

Penyampaian hasil kajian Sumber Air DAS
Sumber :
  • Istimewa

Pasuruan, VIVA Jatim-Danone Aqua melalui PT Tirta Investama- Pabrik Pandaan (AQUA Pandaan) bekerjasama dengan UGM (Universitas Gajah Mada) dan Universitas Montpellier, Prancis menggelar Seminar Hasil Kajian Kerjasama Riset Sumber Daya Air tanah di DAS (Daeral Aliran Sungai) Kedunglarangan.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh seluruh pemangku kepentingan dan pemanfaat air di Pasuruan seperti Forum DAS Pasuruan, pengelola Taman Hutan Rakyat, Dinas-terkait, komunitas pegiat lingkungan, perusahaan-perusahaan di Pasuruan serta akademisi dan media.

Kajian ini bertujuan untuk memahami siklus air di DAS Kedunglarangan yang meliputi daerah resapan, perubahan tata guna lahan, dan neraca air tanah. Data-data dan Kesimpulan kajian tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan langkah dan tahapan konservasi.

Selain itu kajian tersebut juga bisa menjadi dasar bagi pengembangan pertanian bagi seluruh Masyarakat Pasuruan, khususnya di lereng timur Gunung Arjuno.

Water Resources, Science & Process Technology Director Danone Indonesia, Azwar Satrya, mengatakan pengelolaan DAS secara kolektif merupakan Langkah penting karena bisa memberikan dampak nyata yang luas. Hal ini sekaligus menyelaraskan semua pemangku kepentingan di satu kawasan.

Azwar menjelaskan penelitian dimulai sejak tahun 2020. Dan Pandemi Covid-19 merupakan tantangan besar dalam proses kajian. Namun ia bersyukur proses kajian bisa dilalui dengan baik berkat dukungan semua pihak.

"Kajian ini juga merupakan wujud kontribusi AQUA Pasuruan berkontribusi pada pelestarian lingkungan melalui basis keilmuan, upaya tersebut juga menjadi pijakan semua pihak untuk bisa bersinergi," ujar Azwar, Kamis, 24 Oktober 2024.