Padam Seketika, PLN Gerak Cepat Telusuri Gangguan, Begini Kronologinya

PLN Gerak Cepat Telusuri gangguan
Sumber :
  • IST/Jatim Viva

JatimPLN gerak cepat menelusuri penyebab gangguan yang menyebabkan PMT Bay Bangkalan trip pada pukul 15.13 WIB sore tadi Jumat, 03 Februari 2023. Peristiwa ini mengakibatkan pasokan listrik untuk pulau Madura berkurang dan padam seketika.  

Kabarnya akibat kondisi ini terpaksa dari pihak PLN akan melakukan pengurangan beban secara bertahap pada beban puncak pukul 18.00 hingga 03.00 WIB. 

Indikasi awal gangguan disinyalir terjadi pada transmisi Madura Bangkalan ujung dan memerlukan waktu investigasi titik gangguan selama 3 - 4 jam. 

Atas kondisi ini, pihak PLN akan melakukan pengurangan beban 100 – 130 MW di Madura dan akan dilakukan manajemen beban bergantian per 3 jam.

Manager PLN UP3 Pamekasan, Feri Asmoro menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi dan meminta dukungan kepada seluruh stakeholder serta warga agar kondisi kelistrikan segera normal kembali.

"Tim kami saat ini all out melakukan penelusuran, personil sudah dalam pengecekan dari tiga sisi, dari titik di Surabaya, Jembatan Suramadu, juga Bangkalan untuk mencari titik gangguan,” kata pria yang menjadi Manager ini dalam keterangan tertulisnya. 

Pihaknya berupaya menemukan penyebab gangguan dapat segera ditemukan dan diperbaiki secepatnya.