Kemenhub Fasilitasi Arus Balik Gratis Santri Kepulauan Sumenep ke Pesantren

Kemenhub Fasilitasi Arus Balik Gratis Santri Kepulauan Sumenep
Sumber :
  • Hadi Muhammad/Viva Jatim

JatimKementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Laut memberikan pelayanan arus balik gratis kepada sejumlah santri dan wali santri yang berada di Pulau Sapudi Sumenep, Jawa Timur, Senin, 01 Mei 2023.

Program arus balik gratis terjadwal dua kali keberangkatan yakni pada Minggu, 30 April 2023 dan Sabtu, 06 Mei 2023. Data yang diterima Viva Jatim, keberangkatan pertama diikuti oleh sejumlah 236 santri dan wali santri ikut program ini menggunakan Kapal Latih Bung Tomo

Mereka berasal dari santri Pondok Pesantren Walisongo Situbondo - Jawa Timur. Para santri dan wali santri berkumpul di Halaman Kantor UPP Kelas III Pulau Sapudi, untuk mengikuti upacara pelepasan. 

Para simpatisan dan keluarga santri juga ikut menyaksikan momen pelepasan para santri yang hendak menimba ilmu di luar pulau Sapudi itu. Wajah dan perasaan haru keluarga santri terlihat saat hendak melepaskan putra putrinya kembali ke tanah rantau untuk belajar agama.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting menyampaikan rasa terima kasih kepada BPSDM Perhubungan dan Direktorat Kenavigasian karena telah membantu dalam penambahan armada laut. Menurutnya, tambahan armada laut ini demi mengangkut penumpang pada arus balik mudik lebaran tahun 2023. 

"Kita tahu di wilayah Madura banyak pemudik yang menggunakan angkutan laut, sehingga pihak kami meminta tambahan armada laut untuk kebutuhan arus balik gratis," ucapnya saat sambutan di hadapan para santri.

Selanjutnya, Capt. Hendri Ginting juga menghimbau kepada para santri yang hendak balik pondok untuk mempersiapkan diri dengan cara menjaga kesehatan dan tetap berhati-hati selama perjalanan.