Ini Dia Penyebab Melambungnya Harga Bawang Merah dan Putih

Panen bawang merah
Sumber :
  • Viva

JatimBadan Pusat Statistik (bps) mencatat, inflasi Mei secara bulanan sebesar 0,09 persen month to month (mtm). Ada andil kenaikan harga bawang putih dan bawa merah, yang mana turut mendorong kenaikan inflasi pada Mei 2023.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan, kurangnya suplai dari para produsen menjadi penyebab naiknya harga bawang merah saat ini.

"Sehingga produksi belum banyak. Pada akhirnya mengakibatkan pasokan yang masuk belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat," kata Pudji dalam konferensi pers Senin, 5 Juni 2023.

Selain itu kata Pudji, pasokan bawang merah yang masuk juga belum sebanyak saat panen raya. Sedangkan pada komoditas bawang putih, kenaikan harga disebabkan adanya kendala impor.

"Untuk bawang putih banyak dari impor, ini ditengarai karena impor bawang putih belum masuk ke Indonesia secara utuh. Sehingga pasokan bawang putih di pasar pasar tradisional masih sangat terbatas, tentunya mengakibatkan harga lebih mahal atau tinggi," ujarnya. 

Sebelumnya, BPS mencatat inflasi pada Mei 2023 secara tahunan sebesar 4,00 persen secara year on year (yoy). Sedangkan secara bulanan terjadi inflasi sebesar 0,09 persen mtm.

"Pada Mei 2023 terjadi inflasi 0,09 persen atau terjadi kenaikan indeks harga konsumen dari 114,74 pada April menjadi 114,84 pada Mei 2023," kata Pudji.