Ada Kado Layanan Berobat Gratis di Hari Jadi Sumenep 2022

Acara Hari Jadi Sumenep ke-753
Sumber :
  • sumenepkab.go.id

JatimHari Jadi Sumenep ke 753 betul-betul diformat menjadi pestanya rakyat setempat. Selain hiburan dan kegiatan-kegiatan lainnya, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, juga menyediakan berbagai kegiatan sosial, di antaranya layanan berobat gratis yang berlaku hingga 7 November 2022.

Kegiatan berobat gratis itu bernama Universal Health Coverage (UHC) yang diberikan kepada siapa pun warga Sumenep. UHC sudah berjalan sejak dua hari lalu. “Program ini akan berlaku sejak 7 November mendatang,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam keterangannya, Selasa, 1 November 2022. 

Dia menjelaskan, program UHC memiliki dua tujuan penting, yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. 

Untuk mendapatkan layanan pengobatan gratis, kata Fauzi sangat mudah. Masyarakat tidak perlu melakukan pendafatran lagi. Pasalnya, program ini merupakan sub program penjaminan kesehatan masyarakat seperti JKN yang dikelola oleh BPJS. 

“Jadi kalau ada yang berobat langsung datang ke Puskesmas, serahkan KTP, sudah beres, langsung dilayani,” ujar Fauzi. 

Politikus PDIP itu menegaskan, layanan gratis ini bisa digunakan oleh masyarakat Sumenep di semua Puskesmas atau Rumah Sakit. “Termasuk nanti jika ingin berobat ke luar kota, tetap bisa digunakan pakai program ini bagi masyarakat Sumenep,” tandas Fauzi. 

Hak spesial lain dalam perayaan Hari Jadi Sumenep tahun ini adalah pemberian santunan kepada 753 anak yatim. “Jumlah tersebut sesuai dengan angka hari jadi, semoga kita semua tetap diberi kesehatan tersu,” harap Fauzi.