Menakar Kekuatan Inggris-Iran dan Senegal-Belanda pada Laga Malam ini

Timnas Inggris
Timnas Inggris
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sebagaimana jadual pertandingan yang beredar, Timnas Inggris akan melawan Timnas Iran pada grub B nanti malam, Senin 21 November 2022 pukul 08.00 WIB di stadion Khalifa International. Kemudian akan disusul dengan laga kedua Timnas Senegal melawan Timnas Belanda di grup A, pada pukul 23.00 WIB di Stadion Al Thumama.

Lantas bagaimana dan apa saja kekuatan yang dimiliki oleh keempat tim kesebelasan itu?  Mari kita ulas satu-persatu untuk menakar kekuatan tim yang akan berlaga di dua grup berbeda.

Timnas Inggirs

Pada babak kualifikasi, Timnas Inggris mulus melanggang ke Piala Dunia 2022 Qatar. Ia nyaris tidak menemui banyak kendala saat tergabung dalam grup I Kualifikasi Zona Eropa. Bahkan Timnas Inggris berhasil memuncaki klasemen.

Sebelumnya, Timnas Inggris juga berhasil meraih kemenangan sebanyak delapan kali dan dua hasil imbang dalam 10 pertandingan. Pencapaian ini telah membuat The three Lions berhasil mengumpulkan 39 poin. Bahkan seorang pemainnya Harry Kane menjadi top skor dalam babak kualifikasi dengan mencetak 12 gol.

Timnas Iran

Timnas dari Negeri Para Mullah ini berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menjadi juara pada babak kedua kualifikasi di Grup C Zona Asia. Timnas Iran tergabung bersama Timnas Irak, Bahrain, Hongkong, serta Kamboja dan meraih enam kali kemenangan.

Sedangkan di babak ketiga kualifikasi Zona Asia, Timnas Iran tergabung bersama Korea Selatan, Irak, Suriah, Lebanon dan Uni Emirat Arab di Grup A. Tak jauh beda dengan Timnas Inggris, Timnas Iran meraih kemenangan sebanyak delapan kali dalam 10 kali pertandingan. Namun bedanya, Timnas Iran menelan kekalahan dalam satu pertandingan dan hasil imbang.

Perjalanan kualifikasi Timnas Iran yang terbilang gemilang itu membuatnya lolos ke Piala Dunia 2022 dan tercatat sebagai sejarah. Sebab ini adalah kali perdana Timnas Iran bisa berlaga di Piala Dunia 2022 setelah sebelumnya selalu gagal dalam babak kualifikasi.

Namun demikian, pada pertandingan Inggris vs Iran yang akan berlangsung nanti malam, diprediksi akan dimenangkan oleh Timnas Inggris. Mengingat tim asuhan Gareth Southgate dari segi kualitas pemain jauh lebih unggul. Timnas Inggris banyak dihuni oleh pemain bintang yang bermain di klub-klub besar di Premier League.

Timnas Senegal

Timnas berjuluk Singa dari Teranga ini rupanya tidak sebaik nasib Inggris dan Iran. Pasalnya ia harus berjuang cukup sulit saat berlaga di babak kualifikasi Zona Afrika melawan Timnas Mesir dengan sistem dua leg.

Tim Senegal harus menelan kekalahan 0-1 pada leg pertama melawan Timnas Mesir. Namun pada leg kedua, ia meraih kemenangan. Sehingga laga pun harus dilanjutkan dengan adu penalti. Pada babak adu penalti, Timnas Senegal meraih kemenangan dengan skor 3-1 dan memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda

Timnas dari Negeri Kincir Angin rupanya tampil cukup memuaskan di babak kualifikasi Zona Eropa yang tergabung dalam Grup G. Dalam 10 pertandingan Timnas Belanda meraih tujuh kemenangan, satu menelan kekalahan dan dua hasil imbang.

Di Grup G Timnas tergabung bersama Timnas Turki, Norwegia, Montenegro Latvia hingga Gibraltar. Pada leg perdana di babak kualifikasi, Timnas Belanda sempat dikalahkan Timnas Turki dengan skor 2-0. Namun pada pertandingan berikutnya skuad asuhan Louis Van Gaal ini mampu bangkit dan mencecar gawang Gibraltar dengan skor 7-0.

Bila dilihat dari kekuatan dan kualitas pemain, Timnas Belanda diprediksi akan menumbangkan Timnas Senegal, meski dengan perjuangan yang sangat alot. Sebab De Orange dihuni oleh beberapa pemain luar biasa dari mulai Virgil van Dijk, Frenkie de Jong hingga Memphis Depay. Sedang Timnas Senegal tidak diperkuat oleh pemain andalannya yakni Sadio Mane yang saat ini mengalami cedera.