Nuansa Islami hingga Dialog Kemanusiaan Awali Gelaran Piala Dunia 2022

Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar
Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Doha Utara, Qatar pada Minggu 20 November 2022, nampak berbeda dari Piala Dunia sebelumnya. Perbedaan itu terlihat dari serangkaian kegiatan yang ditampilkan kental dengan nuansa Islami.

Sosok penyandang disabilitas, Ghanim Al Muftah tampil melantunkan Ayat Suci Al-Quran. Kalimat-kalimat Allah SWT pun menggema di seantero stadion yang menampung sekitar 60.000 orang tersebut. Pria yang lahir pada 5 Mei 2002 itu membacakan Surah Al-Hujarat Ayat 13:

"Yâ ayyuhan-nâsu innâ khalaqnâkum min dzakariw wa untsâ wa ja‘alnâkum syu‘ûbaw wa qabâ'ila lita‘ârafû, inna akramakum ‘indallâhi atqâkum, innallâha ‘alîmun khabîr," ujar Ghanim Al-Muftah di tengah Stadion Al-Bait, Doha, Qatar, Minggu 20 November 2022.

"Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti," demikian arti ayat tersebut.

Tidak hanya Ghanim Al Muftah, Pembukaan Piala Dunia 2022 itu juga diisi oleh seorang aktor kawakan, Morgan Freeman. Kedunya lalu mulai berdialog tentang kemanusiaan. Mereka berbincang seputar kedatangan orang dari berbagai penjuru dunia, dengan ragam bahasa, agama budaya dan negara berkumpul di Qatar dalam satu tempat.

Lantas Morgan mempertanyakan perihal kedatangan umat manusia dari berbagia belahan dunia ke Qatar.

Ghanim Al Muftah pun merespons pernyataan Morgan Freeman dengan lantunan ayat Suci Al-Quran Surat Al Hujarat ayat 13. Ayat tersebut berisi tentang tujuan Allah SWT menciptakan manusia, baik laki-laki maupun perempuan, dengan ragam suku dan bangsa, untuk saling mengenal satu sama lain.

Pembukaan Piala Dunia 2022 juga dimeriahkan dengan pemutaran video ilustrasi tentang keberagamaan. Kemudian ada penampilan tari-tarian khas Timur Tengah. Nyanyian Piala Dunia dari tahun ke tahun juga turut ditampilkan.

Kehadiran personel BTS Jungkook juga semekin menambah kemeriahan. Musisi asal Korea Selatan itu menyakinan salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022.