Respons Pemain Naturalisasi soal Kritikan Rocky Gerung

Para pemain Timnas Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Seorang akademisi yang identik dengan pembicaraan politik, Rocky Gerung, belakangan mulai menyoroti kebijakan PSSI yang banyak mendatangkan pemain naturalisasi. Ia menilai bahwa program naturalisasi tak lebih dari upaya penipuan terhadap sensasi yang dirasakan suporter.

Main di Hadapan Ultrasmania, Gresik United Siap Kalahkan Rans Nusantara

"Karena apa yang sekarang disebut sebagai naturalisasi itu semacam penipuan terhadap sensasi tuh,” kata Rocky Gerung lewat kanal Youtube-nya, dikutip dari VIVA, Selasa, 24 September 2024. 

Rocky mengatakan, program naturalisasi yang digenjot oleh PSSI ini bisa diartikan sebagai pembenaran jika pembinaan di usia muda terhenti. Padahal, kata dia, sepakbola sejatinya adalah kebanggaan nasional, bukan naturalisasi.

Pelatih Persebaya Apresiasi Kerja Keras Pemain Usai Menang dari Persis Solo

Merespons pernyataan tersebut, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji menyebut, beberapa pemain naturalisasi turut bereaksi terhadap kritik tersebut, salah satunya kapten Timnas Indonesia, Jay Idzes.

Para pemain keturunan itu sempat menyampaikan keluhan mereka kepada Sumardji secara langsung. Mereka menegaskan bahwa tulus ingin membela Timnas Indonesia.

Persik Kediri Lebih Punya Ruang Hadapi Barito Putera Ketimbang Laga Sebelumnya

“Mereka mengatakan, ‘Pak Marji, semestinya tidak boleh seperti ini. Kami semua ini benar-benar membela bangsa dan negara karena kami punya darah keturunan’,” kata Sumardji menirukan keluhan pemain naturalisasi.

Sumardji berharap tidak ada lagi pihak yang meragukan ketulusan pemain naturalisasi dalam memperkuat Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title