Gabung Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI

Shayne Pattynama resmi jadi WNI
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Setelah Sandy Walsh dan Jordi Amat, kini giliran Shayne Pattynama resmi menyatakan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Bukan tanpa sebab, perpindahan status kependudukannya itu lantaran buah dari keinginan Shin Tae-yong untuk menaturalisasi pemain Timnas Indonesia

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan hasil permainan Skuad Garuda yang harus kandas di tengah jalan dalam ajang Piala AFF 2022. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan memperkuat timnas asuhannya itu, Ia meminta untuk melakukan naturalisasi pemain. 

Shayne Pattynama resmi menjadi WNI ditandai dengan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, pada Selasa, 24 Januari 2024. Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu menyatakan kesiapannya untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Gairah Sepak Bola Indonesia Bangkit, Saatnya Lakukan Pembinaan Lebih Masif

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh, serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas,” kata Shayne. 

“Atas nama Tuhan Yang Maha Esa, Selasa, 24 Januari 2023, saya Ibnu Chuldun Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM, dengan ini secara resmi mengukuhkan atau melantik saudara sebagai WNI,” kata Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun saat melantik Shayne. 

Menang 3-0, Timnas Indonesia Bantai Vietnam di Hanoi

Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu akan memperkuat skuad Garuda di Piala Asia 2023. Menjadi pemain naturalisasi ketiga yang resmi menjadi WNI setelah Sandy Walsh dan Jordi.