Israel Ditolak, Pengamat: Olahraga Harus Lepas dari Politik

Timnas Israel U 20
Sumber :
  • Viva

Jatim – Problem penolakan Timnas Israel bertanding Piala Dunia U 20 di Indonesia masih menuai sorotan publik. Meski FIFA sudah membatalkan undian yang rencananya akan digelar 31 Maret 2023 mendatang di Bali, namun hal itu seolah tak mempan.

Membaca Peluang Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan, gelaran Piala Dunia U-20 harus berjalan sukses dan masing-masing pihak diminta mengesampingkan berbagai hal yang bersifat politis.

Hal itu dikatakan Qodari, merespon adanya gelombang menolak timnas Israel menjelang Piala Dunia U-20. Desakan itu datang antara lain dari tokoh organisasi, partai politik, dan kepala daerah.

Menakar Kekuatan Timnas Indonesia Vs Australia Jelang Duel di Piala Asia

"Hemat saya olahraga itu sebaiknya dilepaskan dari politik," kata Qodari, dikutip dari VIVA Selasa, 28 Maret 2023.

Menurut Qodari, Israel berhasil lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, berkat perjuangannya sendiri tampil gemilang lolos pada babak kualifikasi, dengan menjadi runner-up Grup B Piala Eropa U-19 2022.

Klubnya Izinkan Justin Hubner Bermain untuk Timnas Indonesia U 23 di Piala Asia

Selain itu, Qodari meyakini kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20 tidak menggambarkan sikap politik Indonesia yang masih terus konsisten dengan perjuangan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Salah satunya, yakni mendorong penjajahan di muka bumi dihapuskan.

“Jadi kehadiran sepak bola Israel di Indonesia bukan berarti kita mendukung atau menjustifikasi Israel menjajah Palestina, karena kembali kepada poin pertama olahraga harus lepas dari politik,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title