FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20
Sumber :
  • Viva

Jatim – FIFA mengeluarkan keputusan untuk membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dikutip Viva Jatim dari VIVA, pembatalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 diumumkan FIFA melalui keterangan tertulis yang disiarkan di laman resminya pada Rabu, 29 Maret 2023, malam. Tak dijelaskan secara rinci apa musabab FIFA mengeluarkan keputusan tersebut.

FIFA hanya menyebutkan adanya pertimbangan situasi terkini di Indonesia. Kuat dugaan, keputusan itu diambil FIFA setelah kuatnya seruan penolakan akan hadirnya Timnas Israel dalam kompetisi dunia sepakbola tersebut.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Memang, belakangan timbul seruan penolakan dari berbagai pihak atas kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar di Indonesia. Bahkan, beberapa kepala daerah juga menyuarakan penolakan, di antaranya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 

Padahal, Bali merupakan lokasi pelaksanaan pengundian atau drawing Piala Dunia U-20, yang sedianya akan dilaksanakan pada 31 Maret 2023. Gara-gara itu, FIFA membatalkan drawing di Bali.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Pemerintah Indonesia sebetulnya sudah berupaya keras meyakinkan FIFA bahwa Indonesia tetap siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Beberapa daerah juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi lokasi drawing, menggantikan Bali.

Di antaranya Solo, Bandung, dan Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku patuh terhadap keputusan pemerintah yang masih bertekad kuat untuk menjadi tuan rumah ajang kompetisi dunia tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title