Shin Tae-yong Buat Nasehat Mourinho terhadap Timnas Indonesia Jadi Kenyataan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPelatih kelas dunia, Jose Mourinho pernah memberikan masukan kepada Timnas Indonesia pada 2013 lalu. Benar apa yang dikatakannya, bahwa bakat atau talenta pemain bukan faktor utama keberhasilan sebuah tim.

Kalah Lawan Uzbekistan, STY Sebut Timnas Indonesia U-23 Nervous

Saat melontarkan masukannya, Jose Mourinho masih menjadi pelatih Chelsea dan menghadapi Indonesia All Star. Dalam laga tersebut, Chelsea tampil ganas dan menggulung Indonesia All Star dengan skor 8-1. 

Usai pertandingan, pelatih yang kini menukangi AS Roma tersebut memberikan saran agar para pemain Indonesia bermain penuh semangat dan kebanggaan. 

Mas Dhito Yakin Peluang Timnas ke Olimpiade Paris Bukan Hal Mustahil

"Saya pikir tim Anda (Indonesia) harus bermain dengan semangat tinggi. Itu adalah cara yang terbaik untuk membuat tim Anda lebih baik," kata Mourinho ketika itu.

"Bermain dengan kebanggaan membela tim nasional dan mewakili negara Anda. Jika Anda sudah memiliki itu, maka Anda akan lebih kuat dari kemampuan sebenarnya. 

Momen Gayeng Nobar Piala Asia di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Apresiasi Garuda Muda

"Bahkan, jika tak punya potensi yang bagus karena lawan Anda kuat. Jika Anda bisa bermain dengan kebanggaan, maka Anda bisa lebih baik," ucap Mourinho.

Kini, apa yang diucapkan Mourinho menjadi kenyataan. Bersama pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia bermain dengan cara yang berbeda. Semangat juang pantang menyerah tampak jelas dalam jiwa para pemain.

Halaman Selanjutnya
img_title