Optimalisasi Hasil Perikanan dan Kelautan melalui Teknologi Digital

Talkshow dan Diskusi GEMPUR 08
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Tuban, VIVA Jatim – Teknologi digital memiliki peran penting di dalam mendorong optimalisasi hasil perikanan dan kelautan. Hal ini menjadi atensi Gerakan Golkar Menangkan Prabowo-Gibran Sekali Putaran (GEMPUR) 08 di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar di bidang perikanan dan kelautan, GEMPUR 08 bertekad untuk mengangkat potensi tersebut melalui pemanfaatan teknologi digital. 

Lewat Talkshow dan Diskusi bertajuk ‘Bisik-Bisik: Bincang Asik Bicara Politik, GEMPUR 08 mengajak masyarakat Tuban untuk mengembangkan perekonomian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Bhaktiar, salah satu pembicara talkshow ini menjelaskan bahwa Kabupaten Tuban merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalam bidang perikanan, pertanian, dan perternakan.

“Potensi perikanan di daerah Tuban meliputi tambak, kolam, keramba, dan sawah. Untuk mengoptimalkan hasil perikanan dan kelautan, kita isa memanfaatkan teknologi digital di sektor perikanan untuk meningkatkan kualitas produksi ikan dan menjamin kelestarian lingkungan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Kamis, 1 Februari 2024.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Menurut Bakhtiar, memperkuat grand design budidaya bahan baku lokal dan mengurangi ketergantungan impor adalah hal penting yang harus diwujudkan. Selain itu, optimalisasi nilai tambah hasil laut juga dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Dalam rangka mencapai tujuan ini, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, nelayan, dan pemangku kepentingan lainnya, serta investasi pada infrastruktur digital, pendidikan, dan pelatihan,” jelas Bhaktiar.

Halaman Selanjutnya
img_title