Jejak Dewi Gayatri di Candi Boyolangu, Ibu Raja-raja Jawa (2)

Candi Boyolangu Kabupaten Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Jejak Dewi Gayatri di Candi Boyolangu, Ibu Raja-raja Jawa (2)

Kasus Kriminal di Tulungagung Tahun 2023 Menurun, Laka Lantas Meningkat

JATIM – Dewi Gayatri juga dikenal dengan Rajapatni. Dalam sejarah, dia merupakan putri bungsu dari Raja Kertanegara yang kemudian menjadi salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Kerajaan Majapahit. Gayatri juga jadi tetenger sejarah Kabupaten Tulungagung. Jejaknya terdapat di Candi Boyolangu. Di sana terdapat arca Dewi Gayatri.

Gayatri merupakan sosok ibu hebat dibalik raja-raja di Jawa. Sejarawan dan budayawan Tulungagung Budi Karjono menjelaskan, Gayatri atau Rajapatni itu digambarkan sebagai sosok Dewi Kebijaksanaan atau Prajnaparamita karena berhasil melahirkan pemimpin hebat. Tidak hanya lahir dari darah keturunan langsung, namun dari kebijaksanaan dan akal budi yang terasah.

Ratusan Atlet Ramaikan Kejuaraan Sepatu Roda di Tulungagung

Dalam catatan sejarah, Gayatri merupakan sosok di belakang nama besar Raden Wijaya sebagai suaminya sendiri. Gayatri melahirkan anak yaitu Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi, pemimpin Kerajaan Majapahit ketiga. Tribhuwana kemudian melahirkan Hayam Wuruk yang merupakan Raja Majapahit keempat dengan gelar Maharaja Sri Rajasanagara.

"Gayatri adalah perempuan yang luar biasa, pendharmaannya berada di Candi Boyolangu," papar Budi.

Butuh Waktu 14 Jam Pindahkan Prasasti Lawadan ke Museum Tulungagung

Viva Jatim mengunjungi lokasi Candi Boyolangu yang disebut Budi Karjono tersebut pekan lalu. Kesan pertama menuju ke dalam kompleks candi tampak megah dengan gapura menjulang tinggi. Menuju lokasi arca Gayatri, pengunjung harus melewati sebuah gang sempit.

 Juru Kunci Candi Boyolangu, Jono (70), mengungkapkan bahwa Dewi Gayatri merupakan anak dari Prabu Kertanegara (Singhasari) dan istri dari Raja Wijaya yang merupakan raja pertama Kerajaan Majapahit.

Halaman Selanjutnya
img_title