How and Why Outsourcing, Buku Rujukan Penting soal Tenaga Kontrak

JD Darmawan Adi Priyonggo, penulis buku How and Why Outsourcing
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimTenaga kerja kontrak atau outsourcing sampai kini masih jadi polemik. Tidak hanya bagi penerima kerja, tapi juga pemberi kerja. Bagi pemberi kerja, outsourcing sebetulnya jadi solusi perusahaan agar bisa tumbuh.

Menpan RB Resmikan MPP Trenggalek: Kepuasan Rakyat Bisa Lebih Baik

Pertanyaannya, mengapa itu terjadi dan apa yang harus dilakukan menghadapi persoalan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu terurai di buku How and Why Outsourcing: Pelaksanaan Outsourcing sebagai Solusi untuk Pertumbuhan Bisnis karya DJ Darmawan Ardi Priyonggo.

Buku ini menyajikan contoh kasus sekaligus pemecahannya. Buku setebal 200 halaman ini mengulas dari beberapa sisi, mulai outsourcing pilihan tepat atau tidak, praktik penyimpangan outsourcing hingga adanya persepsi yang kurang tepat terkait alih daya.

Mengintip Edu Corner, Program Andalan HCML

"Dalam buku ini saya juga mengulas cara memilih perusahaan Outsourcing yang tepat. jadi buku ini bisa menjadi petunjuk bagi user menemukan partner terbaik. Petunjuk ini penting karena memilih perusahaan Outsourcing sama halnya memilih sekutu atau tim pakar yang siap membantu kapan pun dibutuhkan," ungkap Denny, sapaan Darmawan.

Dia berharap, bukunya menjadi salah satu acuan dalam pengelolaan bisnis alih daya menjadikan lebih baik dimata masyarakat maupun pengguna jasa.

Pemprov dan DPRD Jatim Sahkan Tiga Raperda

Denny menyebut, outsourcing itu keputusan strategis. Sebaiknya memang diputuskan oleh “C” level. Namun praktiknya banyak yang tidak melakukan ini.

Dia juga menjelaskan, keputusan pelaksanaan outsourcing yang bukan dihasilkan dari proses strategic decision making, yang hanya mengejar pemotongan biaya, atau mencari murah, justru akan berdampak pada penyimpangan pelaksanaan dan pasti tidak akan memberikan solusi buat perusahaan.

Halaman Selanjutnya
img_title