Erick Thohir Ungkap Kirab Pernikahan Putra Bungsu Jokowi yang Langka

Kirab mempelai Kaesang dan Erina di Solo, Jawa Tengah
Sumber :
  • Viva/Fajar Sodiq

Jatim – Salah satu rangkaian acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah Ritual Kirab Pernikahan. Kirab mempelai ini berlangsung dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegara, Solo, jawa Tengah, Minggu, 11 Desember 2022. 

Kaesang Pangarep Digadang-gadang Maju di Pilgub DKI Jakarta, Begini Respon PAN

Erick Thohir, sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, mengatakan, bahwa Festival Budaya yang berlangsung selama rangkaian hajatan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo telah menghidupkan kembali budaya dan ritual leluhur yang telah lama tidak terlihat di tengah masyarakat,  salah satunya adalah Ritual Kirab pernikahan.

“Ini budaya yang jarang kita ingat, bahkan sudah lama tidak melihat ritual semacam ini,” katanya. 

Bersama Timnas Indonesia, Justin Hubner Ingin Kembali Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

Festival Budaya yang dilangsungkan sepanjang perhelatan pernikahan Kaesang dan Erina merupakan upaya serius untuk menjaga budaya Indonesia yang bernilai tinggi. Menjaga budaya tetap relevan di tengah keadaan Indonesia yang menjadi negara maju serta terus mengikuti arus modernitas.

“Itu adalah budaya yang harus kita jaga. Sebagai negara maju jangan lupakan budaya bangsanya sendiri,” ujarnya.

Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Terdapat tantangan tersendiri di hari terakhir rangkaian pernikahan menurut Erick Thohir, yaitu mengolaborasikan Festival Budaya dalam rangka pernikahan Kaesang dan Erina dengan car free day di Solo.

“Yang paling menantang adalah bagaimana Festival Budaya bisa berjalan beriringan dengan kegiatan car free day (kegiatan bebas kendaraan bermotor) tanpa saling mengganggu,” ujarnya.