Mengenal Ikat Kepala Pria atau Odheng Madura

Ilustrasi Odheng Madura
Sumber :
  • Istimewa

JatimIkat kepala pria khas pulau Madura disebut sebagai Odheng. Odheng merupakan ikat kepala bagi kaum laki-laki di Madura yang terbuat dari bahan kain berbentuk lingkaran yang pas dengan ukuran kepala si pemakai.

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Pakaian adat Madura untuk pria tidak terlepas dari odheng, yaitu penutup kepala pria berbahan dasar kain batik. Odheng terdiri dari berbagai ukuran dan motif. Berdasarkan bentuknya odheng dibedakan odheng peredhan (besar) dan odheng tongkosan (kecil).

Odheng di pulau Madura menjadi aksesoris atau pelengkap dari pakaian adat Madura yang disebut Pesa'an. Terlihat kurang gagah perkasa bila seorang laki-laki Madura memakai baju Pesa'an tanpa Odheng di kepala.

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Di kalangan masyarakat Madura, Odheng memiliki arti simbolis yang cukup kompleks, baik segi ukuran, motif dan cara memakainya pun tidak sembarangan. Odheng memiliki beberapa macam motif, mulai dari motif Odheng bangsawan, tongkonan, dan rakyat. Bahan kain dari masing-masing motif berbeda. 

Seperti kain 'Batik Setorjo' dengan khas warna merah pekat. Bahan kainnya pun terbuat dari kain tertentu. Bentuk cara memakainya pun juga menunjukkan derajat kebangsawanan seseorang. Kelopak Odheng semakin tegak menunjukkan semakin tinggi derajat kebangsawanan. 

Bocah Laki-laki Usia 2 Tahun di Surabaya Tewas Disiksa Ayah Tiri

Semakin miring kelopaknya, menunjukkan derajat kebangsawanan semakin rendah. Odheng bangsawan ketika dipakai akan menutupi kepala. Terdapat bentuk-bentuk siku tertentu pada odheng ini. Pada sisi sebelah kanan lipatan odheng lebih tinggi dibanding sebelah kiri.