Profil Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Diumumkan Jadi Capres PDIP
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Setelah diumumkan menjadi bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 oleh Ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat hari ini, Jumat 21 April 2023 nama Ganjar Pranowo sontak menjadi perhatian publik. 

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Berikut Viva Jatim telah merangkum dari beberapa sumber, sekilas profil Ganjar Pranowo mulai dari awal karirnya hingga kiprahnya menjadi Gubernur Jawa Tengah sejak 2013 sampai saat ini.

Profil Ganjar Pranowo Ganjar Pranowo lahir di Karang Anyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968 silam. Dia adalah anak kelima dari enam bersaudara. Dia lahir dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo, ayah dan Suparmi, ibu.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Ganjar menghabiskan masa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Jawa Tengah, yaitu di SD dan SMP Kutoarjo. Setelah lulus SMP, Ganjar melanjutkan Sekolah Menengah Atas di SMA BOPKRI, Yogyakarta. Lulus SMA, Ganjar  melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. 

Dalam dunia karier, Ganjar sempat menjadi pengacara dan konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra. Sementara karier politiknya dimulai ketika ia bergabung dengan PDI Perjuangan. Ganjar sempat terpilih sebagai anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 (Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan) pada tahun 2004-2009

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Kemudian ia terpilih lagi terpilih menjadi anggota DPR 2009-2014.Kali ini dia aktif di Komisi II yang membidangi persoalan hukum. Dia juga termasuk salah satu panitia hak angket kasus Bank Century.

Di tengah masa aktifnya sebagai anggota DPR RI, Ganjar bertarung dalam Pilgub Jawa Tengah 2013. Ia berpasangan dengan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh PDIP mengalahkan patahana Bibit Waluyo. Ganjar Pranowo dalam usia 45 tahun resmi terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018.

Halaman Selanjutnya
img_title