Mengenal Del Sarono, Tetap Berkarir Meski Jadi Istri Jenderal TNI

Del Sarono saat melukis potret Jenderal Dudung dengan teknik terbalik.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Tak banyak yang tahu bila wanita satu ini pernah menjadi bagian dari perjalanan karir penyanyi dangdut terkenela asal Pasuruan, Jawa Timur, Inul Daratista. Ya, wanita tersebut pernah menjadi manajer Si Goyang Ngebor tersebut. Wanita tersebut ialah Del Sarono, mantan penyanyi campursari yang kini menjadi istri dari Brigjen TNI FX Giyono.

27 Prajurit TNI Dapat Penghargaan Usai Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza

Del adalah satu di antara beberapa wanita yang dibesarkan di dunia hiburan dan kemudian menjadi istri anggota TNI. Selain Del, ada beberapa nama yang juga berstatus Ibu Persit, seperti Annisa Pohan, Bella Saphira, Tessa Mariska, Joy Tobing, Juliana Mochtar, Mega Utami, Novita Wibowo, dan lainnya.

Bedanya, Del tetap bersolo karir kendati sudah dipersunting seorang jenderal TNI. Ia mengembangkan karirnya menjadi pelukis terbalik. Nah, keterampilan Del dalam melukis mencuri perhatian ketika ia menunjukkan keahliannya di hadapan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman dan istri, saat acara halal bihalal di Bandung beberapa waktu lalu. 

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Saat itu, Del melukis wajah Jenderal Dudung. Sang jenderal yang dilukis terkesima karena Del melukis dengan cepat, tapi hasilnya bagus. “Kok cepat, ya, melukisnya,” kata Dudung dikutip Viva Jatim, Minggu, 14 Mei 2023.

Istri Dudung, Rahma Setyaningsih, juga terkagum setelah melihat hasil lukisan. Soalnya, dialah yang diminta Del untuk menorehkan goresan pertama dengan kuas dan cat akrilik di atas kanvas. Setelah itu Del yang merampungkan dan, jadilah lukisan wajah Jenderal Dudung.

TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Yang unik dari aksi ini, Del bukan hanya melukis terbalik. Namun, ia melukis sembari menyanyikan sebuah lagu. Biasanya lagu yang populer atau lagu kesukaan dari sosok yang ia lukis. Sembari bergoyang mengikuti irama lagu dia akan menyelesaikan lukisannya.

“Ya harus selesai selama lagu itu diputar. Kalau ditanya sulit ya sulit. Dan itu cepat sekali waktunya. Jadi saya memang harus membagi konsentrasi, satu sisi menyanyi sembari bergoyang, sementara tangan kanan memegang kuas dan melukis obyek dengan posisi terbalik. Ya di situlah tantangannya, saya harus bisa. Soal hasilnya saya serahkan kepada penonton,” kata Del.

Halaman Selanjutnya
img_title