7 Selamatan Unik di Pulau Madura, Termasuk ketika Beli Sapi Kontes

Ilustrasi Berkat Selamatan di Madura
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

JatimTradisi selamatan di Madura sangat kental dilaksanakan apalagi bagi masyarakat desa. Masyarakat desa selalu percaya bahwa tradisi selamatan ini akan mengundang keberkahan dalam setiap apa yang ingin dikerjakannya. 

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Tradisi selamatan tidak lepas dari kehidupan orang Madura. Bahkan, urusan sekecil apapun pasti selalu melibatkan selamatan di dalamnya. Selamatan menjadi salah satu kegiatan yang harus ditunaikan. Rasanya tidak sah jika tidak menggelar tradisi selamatan. 

Berikut akan disajikan artikel tentang 7 selamatan yang ada di Madura:

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

1. Bila mau ikut event atau olahraga di ajang bergengsi

Selain harus beli jamu dan bikin ramuan sendiri ala Madura agar stamina kuat dan tahan banting saat ikut event olahraga atau kejuaraan bergengsi seperti volly, sepak bola, futsal ataupun kasti, maka tradisi selamatan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Tentu saja agar selamat dan menang. Apalagi olahraga kasti. Yang memang rentan membuat pemainnya linglung (adu dukun), cedera sebab benturan keras, berkelahi, bolanya terlihat jadi beberapa butir, dan lain sebagainya. Maka agar terhindar dari hal yang tak diinginkan itu, salah satunya adalah mengaji dan berdoa kepada Allah agar selamat.

2. Usai Membeli  Kendaraan Baru 

Halaman Selanjutnya
img_title