Uniknya Proses Pembuatan Batik Gentongan Madura, Direndam selama 41 Hari hingga Jadi Maskawin

Ilustrasi Batik Gentongan Madura
Sumber :
  • Tiktok @GaleriAHY

JatimBatik gentongan Madura merupakan salah satu produksi batik Madura yang terkenal. Proses pembuaatannya tidak sembarangan. Bahkan, dilansir dari berbagai sumber proses pembuatan batik gentongan direndam selama 41 hari

Intip Macam-macam Motif Batik di Madura

Bahkan ada ritual khusus selama 41 hari tersebut. Sebagaimana diketahui, Batik Gentongan Madura terdapat  cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat Madura sebagai salah satu kekuatan dalam proses pembuatannya. Meski cukup lama, proses tersebut menghasilkan kualitas yang luar biasa. 

Pasalnya, batik gentongan Madura setelah dibatik, kain direndam dalam gentong yang terbuat dari tanah liat, tempat wadah air di masa kuno. Paling cepat batik direndam dalam gentong selama sehari-semalam, sementara itu paling lama 41 hari disertai ritual khusus.

Menengok Pameran Sejarah Tulungagung, Ada Animasi di Kolam 3D

Proses perendaman di gentong diyakini bisa memunculkan aura kain batik. Bahkan, masyarakat Madura memiliki pantangan. Salah satu pantangan tersebut adalah bahwa perempuan yang tengah menstruasi tidak diperbolehkan melakukan ritual gentongan alias merendam kain batik dalam gentong.

Maka tidak heran  jika siapa pun yang memakai motif batik Gentongan Madura ini akan tampak memiliki aura, karena ada ritual khusus yang dijalankan. Ritual khusus dan kerumitan pembuatan Batik Gentongan  Madura menyebabkan tidak sembarang orang sanggup mempelajarinya. 

Simak Kisah Dokter Forensik saat Temukan Kasus Pasien Meninggal karena Santet

Sebab itulah, Batik Gentongan menjadi salah satu warisan tradisi istimewa dalam masyarakat Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Khususnya di kalangan masyarakat Desa Telaga Biru dan Sereseh.

Batik Gentongan Madura ini bisa dijadikan sebagai maskawin. Batik Gentongan biasanya bisa didapatkan di Kabupaten Bangkalan Madura. Bati jenis ini menjadi salah satu motif batik langka akhir akhir ini. Karena, di kalangan masyarakat pribumi, Batik Gentongan juga memiliki nilai eksklusif. 

Halaman Selanjutnya
img_title