Manfaat dan Khasiat Pohon Siwalan dari Ujung hingga Akarnya, Cegah Batu Ginjal

Ilustrasi Pohon Siwalan
Sumber :
  • Istimewa

Jatim –Pohon siwalan menjadi salah satu pohon yang tumbuh di kawasan pulau Madura. Ada Beragam manfaat yang dihasilkan dari pohon siwalan  dari ujung daun hingga akarnya. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Sebagai salah satu pohon yang dekat dengan rumah warga, pohon siwalan di Madura tak banyak orang yang mengetahui terhadap khasiatnya kecuali hanya air nira dan buahnya yang diambil oleh sebagian orang dan diolah menjadi aneka olahan.  

Semua bagian dari siwalan dapat digunakan dan berkhasiat. Buahnya dapat dimakan, rasanya seperti kelapa dengan sedikit air di dalam. Dalam istilah masyarakat Madura, buah siwalan biasa disebut sebagai taal. 

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Tanaman ini mampu tumbuh di daerah yang kering. Karena itu, Madura salah satu daerah yang bisa ditumbuhi pohon yang biasa disebut Taal atau buah siwalan tersebut. Buah siwalan yang muda biasanya dagingnya terasa lembut dan manis. Sementara jika sudah tua, daging siwalan akan terasa lebih kenyal.

Air siwalan juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman legen. Orang Madura menyebutnya laang. Air laang ini biasanya akan terasa manis pada musim kemarau, karena tidak bercampur dengan air hujan. Laang merupakan air nira yang keluar dari pohon siwalan melalui tangkai tandan bunga yang dipotong kemudian disadap.

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Beberapa literatur mengatakan bahwa legen siwalan bisa mencegah batu ginjal. Hal ini karena legen mengandung mineral yang bisa melarutkan partikel kapur, penyebab batu ginjal. Karena bunganya banyak, legen yang dihasilkan lebih banyak dari pohon siwalan biasanya yang tumbuh lurus seperti kelapan. 

Mitosnya, legen dari pohon siwalan yang bercabang itu dipercaya dapat menyembuhkan disfungsi ereksi. Selain itu, legen yang dihasilkan dari pohon siwalan tersebut dipercaya menyembuhkan penyakit asma kronis.

Halaman Selanjutnya
img_title