Mengenal STAINAS Sumenep Lebih Dekat, Kampus yang Berbasis Pesantren

Kegiatan OSKAM STAINAS Sumenep
Sumber :
  • Viva Jatim/Ahmad Fatoni

Sumenep, VIVA Jatim – Sekolah Tinggi Agama Islam Nasy’atul Muta’allimin (STAINAS) Sumenep merupakan pendidikan tinggi Islam berbasis pesantren dan NU di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, tepatnya di Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep. Kampus tersebut terhitung baru.

Dua Penganiaya Santri Ponpes Kediri hingga Tewas Divonis 6,5 Tahun Penjara

Sejarah lahirnya Perguruan Tinggi Agama Islam Nasy’atul Muta’allimin ini pada awalnya didorong oleh keinginan luhur para muassis pesantren Nasy’atul Muta’allimin, yakni Kiai Zubairi Marzid. Semangat itu diupayakan dengan sungguh-sungguh oleh Kiai A. Munif Zubairi. Melihat perkembangan santri tahun demi tahun semakin bertambah dan pesat, maka masyayikh yakin bahwa pondok pesantren yang berada di ujung timur pulau Madura ini harus mendirikan pendidikan tinggi agama Islam.

Pada akhirnya, keinginan tersebut benar-benar terwujud sejak bulan Januari 2021 M. Telah berdiri Perguruan Tinggi Agama Islam Nasy’atul Muta’allimin berdasarkan SK Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor : 1491 Tahun 2022. Cita-cita mulia ini disambut dengan antusias oleh para alumni dan masyarakat pada tanggal 1 Juli 2023 saat sosialisasi berdirinya perguruan tinggi STAINAS mereka berkomitmen untuk terus membantu dan menghidupkan kultur akademik di lingkungan pesantren dan kampus STAINAS.

Pencabutan Ijop Pesantren Tak Selesaikan Kasus Pencabulan

Sebagai lembaga perguruan tinggi keislaman serta memegang tinggi tradisi NU, STAINAS lahir dengan cita-cita menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu keislaman berlandaskan ahlussunnah waljamaah. Hal ini akan diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan zaman dan teknologi yang berlandaskan ahlussunnah waljamaah. 

Upaya lainnya adalah melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu keislaman ahlussunnah waljamaah, serta mendorong mahasiswa dalam pengabdian di tengah masyarakat. 

Soal Perbedaan Awal Ramadan 1445 H, MUI: Mari Saling Menghormati

STAINAS Sumenep membuka dua program studi (prodi), yaitu prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) dan prodi Ekonomi Syariah (ES). Tidak jauh berbeda dengan cita-cita STAINAS, kedua prodi tersebut mempunyai tujuan untuk mencetak mahasiswa mumpuni dalam bidang keilmuan tasawuf dan Psikoterapi serta ekonomi syari’ah melalui penyelenggaraan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan zaman serta menjadi sarana mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian.

STAINAS Sumenep akan aktif melakukan kegiatan perkuliahan di pertengahan bulan September ini. Saat ini, STAINAS sedang menyelenggarakan Orientasi Kegiatan Akademik Mahasiswa yang dibuka sejak Rabu, 06 September hingga Jum’at, 08 September 2023. Acara yang bertajuk “Mahasiswa Kritis, Mahasiswa Penulis” tersebut diikuti oleh puluhan mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri.