6 Obat Alami Gusi Bengkak, Dijamin Maknyus

Ilustrasi Gusi Bengkak.
Sumber :
  • U-Report

JatimGusi bengkak dianggap sebagian banyak orang sebagai gangguan kesehatan ringan. Itu sebabnya dianggap masalah sepele. Namun, saat itu dialami, apalagi ketika puncak gangguan terjadi, banyak orang yang merasakan sakit tak terkira sehingga mengganggu aktivitas. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Untuk mengatasi itu, ada baiknya Anda mencoba cara-cara alami mengobati gusi bengkak sebelum datang ke dokter. Tentu saja cara alami itu untuk pertolongan pertama. Bila tak kunjung sembuh, sebaiknya pergi memeriksakan diri dan berobat ke dokter.

Berikut ini enam obat alami untuk gusi bengkak:

1. Kompres Panas atau Dingin

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Mengutip VIVA, Minggu, 13 November 2022, obat gusi bengkak alami yang pertama yaitu menggunakan kompres panas atau dingin. Menerapkan kompres panas atau dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan, yang dapat menghilangkan rasa sakit pada gusi. 

Untuk membuat kompres panas pada gusi, celupkan kain bersih ke dalam air panas, tetapi jangan sampai mendidih. Peras kelebihan air, lalu tekan kain ke area pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi yang sakit. Untuk membuat kompres dingin, gunakan kompres es yang dibungkus kain bersih.

2. Kumur-kumur Air Garam

Halaman Selanjutnya
img_title
Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura