6 Obat Alami Gusi Bengkak, Dijamin Maknyus

Ilustrasi Gusi Bengkak.
Ilustrasi Gusi Bengkak.
Sumber :
  • U-Report

JatimGusi bengkak dianggap sebagian banyak orang sebagai gangguan kesehatan ringan. Itu sebabnya dianggap masalah sepele. Namun, saat itu dialami, apalagi ketika puncak gangguan terjadi, banyak orang yang merasakan sakit tak terkira sehingga mengganggu aktivitas. 

Untuk mengatasi itu, ada baiknya Anda mencoba cara-cara alami mengobati gusi bengkak sebelum datang ke dokter. Tentu saja cara alami itu untuk pertolongan pertama. Bila tak kunjung sembuh, sebaiknya pergi memeriksakan diri dan berobat ke dokter.

Berikut ini enam obat alami untuk gusi bengkak:

 

1. Kompres Panas atau Dingin

Mengutip VIVA, Minggu, 13 November 2022, obat gusi bengkak alami yang pertama yaitu menggunakan kompres panas atau dingin. Menerapkan kompres panas atau dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan, yang dapat menghilangkan rasa sakit pada gusi. 

Untuk membuat kompres panas pada gusi, celupkan kain bersih ke dalam air panas, tetapi jangan sampai mendidih. Peras kelebihan air, lalu tekan kain ke area pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi yang sakit. Untuk membuat kompres dingin, gunakan kompres es yang dibungkus kain bersih.

 

2. Kumur-kumur Air Garam

Membilas atau berkumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang hidup di gusi. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit. Untuk membuat bilas air garam, Anda bisa mencampurkan seperempat sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian ambil seteguk dan desir larutan di sekitar mulut, atau kumur dengan itu, sebelum meludahkannya. Setelah itu ulangi sebanyak yang diperlukan. 

 

3. Kantong Teh

Banyak teh mengandung senyawa tanaman yang disebut tanin. Menurut beberapa penelitian, tanin dapat mengurangi nyeri gusi dengan membunuh bakteri yang dapat mengiritasi gusi. Teh hijau, kembang sepatu, dan teh hitam semuanya mengandung tanin dalam jumlah yang signifikan. Senyawa ini menyebabkan rasa mengerut di mulut setelah minum teh kental atau anggur merah.