Cermati Kendaraan Anda, ini 3 Tanda-tanda Mobil Harus Turun Mesin

Mobil Turun Mesin
Mobil Turun Mesin
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Hal yang mungkin tidak diharapkan oleh pemilik kendaraan adalah apabila mobilnya harus turun mesin. Tentu saja karena biaya yang perlu dikeluarkan tidaklah sedikit, berkisar antara Rp2 juta hingga Rp10 juga, bahkan bisa di atasnya lagi tergantung jenis mobilnya. 

Mobil yang selama bertahun-tahun tidak dirawat dengan baik akan mempercepat kerusakan yang fatal. Sehingga tidak ada jalan lain kecuali harus turun mesin untuk perbaikan secara menyeluruh. Turun mesin sendiri merupakan proses pembongkaran karena ada komponen yang harus diperiksa atau diperbaiki secara menyeluruh. 

Sebagai pemilik kendaraan, tentu saja mobil yang sering dipakai untuk ragam keperluan itu tidak membawa petaka dan kerumitan. Termasuk bila harus turun mesin. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan agar performa mesin lebih baik.

Sejalan dengan perawatan, pemilik juga harus mengenali apabila kendaraan yang digunakan akan turun mesin. Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Kamis 17 November 2022, berikut tanda-tanda mobil yang harus turun mesin.

Asap Putih pada Knalpot

Ciri yang pertama adalah knalpot mobil mulai mengeluarkan asap putih. Apabila hal tersebut terjadi, ini menunjukkan adanya masalah pada mesin. Umumnya, asap putih itu disebabkan karena oli masuk dalam ruang bakar yang membakar busi.

Jika ini terjadi, maka akan mempengaruhi komponen lain seperti piston, kepala silinder, lubang silinder hingga segel katup. Seluruh komponen ini berada di blok mesin, sehingga ketika terjadi kerusakan, semua komponen harus dilepas agar bisa diperbaiki.

Mesin Terlalu Panas

Ciri selanjutnya yaitu mesin terlalu panas. Ketika pemilik mobil tengah mengendarai dengan kecepatan rendah, namun suhu di dalam mesin terus menerus meningkat, lebih baik hindari terus memacu kendaraan. Biasanya hal ini disebabkan, karena ada permasalahan pada komponen tersebut.

Diketahui, panas berlebih pada mesin maka akan merusak kepala silinder serta membuat oli bercampur dengan air sehingga menyebabkan mesin mati mendadak. Oleh karenanya, pemilik harus mengecek kondisi mesin mobil dengan detail dan melakukan perawatan. 

Air Radiator Cepat Menyusut

Ciri yang terakhir adalah air radiator cepat menyusut. Apabila pemilik mengalami hal ini penting untuk segera di periksa, lantaran bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati. Sebab itu, selalu perhatikan air radiator dan cermati, apakah airnya berkurang secara tiba-tiba.

Semoga bermanfaat...