Mengenal Sosok dan Kiprah Musaffa Safril di Gerakan Pemuda Ansor

Musaffa' Safril, Wasekjend Pimpinan Pusat GP Ansor
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Di usianya yang menginjak 40 tahun, Musaffa' Safril diamanahi sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GP Ansor dan Sekretaris Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Timur (Jatim).

Deklarasi Dukung Fikri-Unais di Pilkada Sumenep, Warga hingga Guru Ngaji Kompak Urunan

Terlepas dari semua ini, pria kelahiran 11 April 1984, yang beralamatkan di Desa Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, sudah aktif di dunia organisasi. Bahkan se masa sekolah, juga sempat nyantri di Pondok Pesantren Al Ishlah.

"Saya sekolah di MI Nurul Jali dan MTs Nurul Asrar Desa Pakamban Daya. Saat di MTs Nurul Asrar itu saya mondok," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 1 Juni 2024.

5.500 Ton Beras Petani Terserap Bulog Cabang Tulungagung

Selepas itu, ia melanjutkan pendidikan di MA Tarbiyatus Shibyan, Kabupaten Pamekasan. Di sana ia juga nyantri. Selepas itu, ia melanjutkan pendidikan S1-nya di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Merdeka Surabaya, kemudian menamatkan kuliah S2-nya di Universitas Bhayangkara Surabaya.

"Waktu saya kuliah, saya aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), terakhir menjabat sebagai Ketua 3 PC PMII Surabaya periode 2009 - 2010," katanya.

Prabowo Diingatkan soal Risiko Besar Tambah Jumlah Kementerian

Usai menamatkan studinya, pada tahun 2012-2015, pria yang akrab disapa Safril, dipercayai untuk menyelenggarakan kegiatan SANLAT BPUN (Pesantren Kilat Bimbingan Pasca Unas) oleh PW Ansor Jatim yang diselenggarakan secara serentak di beberapa kabupaten di Jawa Timur. 

Program yang ia jalankan waktu itu adalah, memberikan bimbingan belajar intensif gratis bagi anak-anak kurang mampu dari kalangan Nahdlatul Ulama selama satu bulan penuh.

Halaman Selanjutnya
img_title