Tips Membangun Bisnis ala Dhimas Pendiri Green Energi Utama

Pendiri PT Green Energi Utama, Dhimas Arif Wibowo di acara seminar UB.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Malang, VIVA Jatim – Menjadi pengusaha adalah pilihan tepat di tengah minimnya lapangan pekerjaan yang berseiring dengan membludaknya populasi. Namun, jangan asal membuat usaha agar target yang hendak dicapai bisa terwujud.

Gantikan Galih, Anggoro Widjanarko Pimpin Kantor Imigrasi Malang

Ada baiknya mengikuti berbagai saran dan tips berbisnis dari orang-orang yang sudah berpengalaman, di antaranya dari pendiri PT Green Energi Utama, Dhimas Arif Wibowo. Ia adalah pengusaha sekaligus trainer yang paham betul bagaimana cara membangun bisnis agar sukses.

Ada beberapa tips disampaikan Dhimas dalam membangun bisnis. Pertama, menentukan apa bisnisnya terlebih dahulu. “Mulailah dengan menentukan konsep bisnis yang jelas dan sesuai dengan minat, keterampilan, dan pasar yang ada,” katanya, Rabu, 12 Juni 2024.

2 Warga Trenggalek Ditahan Polisi gegara Pohon Akasia Satu Pikap

Kedua, menetapkan roadmapnya, dengan membuat rencana bisnis yang komprehensif yang mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang, strategi pemasaran, sumber daya yang dibutuhkan, dan perkiraan keuangan.

Ketiga, lanjut Dhimas, yaitu tetap fokus, konsisten, dan komitmen. Dengan tetap fokus pada tujuan dan jangan tergoda untuk menyebar terlalu tipis. "Lakukan tindakan yang konsisten dan teratur untuk memajukan bisnis. Tetap komitmen terhadap visi, meskipun menghadapi rintangan dan tantangan," tandasnya.

Tegakkan Peradilan Maritim, Mahkamah Pelayaran Kemenhub Sosialisasi di Gresik

Keempat, papar Dhimas, harus terus melakukan inovasi dan improvemen, serta selalu mencari cara untuk meningkatkan produk, layanan, atau proses bisnis.

“Tingkatkan skala bisnis (scale up), di saat bisnis mulai tumbuh, pertimbangkan untuk meningkatkan skala. Mulai evaluasi model bisnis dan cari peluang untuk memperluas atau diversifikasi,” ujar Dhimas.

Halaman Selanjutnya
img_title