Beda Kosmedik dengan Kosmetika, Emak-emak Harus Tahu

dr Azrida saat melayani konsultasi pasiennya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Di tengah maraknya berbagai produk kecantikan Tanah Air, tak banyak orang yang mengetahui dan memahami seputar kosmetik. Misalnya, apa itu yang dimaksud dengan produk kosmedik dan kosmetika?

Harga Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan, Telur Ayam Ras Capai Rp 28 Ribu

dr Azrida, seorang dokter kecantikan menyampaikan, produk perawatan kulit buatan dokter kecantikan biasa disebut kosmedik yang penjualannya dibatasi. Sedangkan produk kosmetika, lebih longgar peredarannya.

Kendati demikian, pemilik Klinik Kecantkan Dr Beaute ini tak memungkiri, jika produk kosmedik terkadang juga gampang diperoleh di pasar bebas.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

"Tidak sedikit produk buatan dokter yang biasa disebut kosmedik dijual bebas di berbagai platform online maupun offline seperti halnya kosmetika. Padahal penggunaan dua hal tersebut berbeda," ujarnya, Rabu, 24 Juli 2024.

Lebih lanjut disampaikan dr Azrida, Kosmedik dan Kosmetika dibedakan berdasar kandungan bahan aktif pada produk. Kosmedik biasanya mengandung zat yang bersifat pengobatan medis, dimana penggunaanya harus dengan pengawasan dokter yang memahami zat obat-obatan.

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

"Memang, untuk produk Kosmedik hasilnya lebih cepat dan bisa dirasakan, misalnya untuk mencerahkan kulit, jerawat maupun problem lainnya. Namun yang perlu diingat, itu adalah obat yang harus dengan resep dokter," lanjutnya.

Sementara bahan di dalam produk kategori Kosmetika cenderung lebih aman. Ia menyampaikan, pelanggan setelah melakukan perawatan memakai produk Kosmedik di bawah pengawasan dokter bisa dilanjutkan dengan menggunakan produk Kosmetika berbahan alami seperti Kojic Acid, Niacinamide, DNA Salmon dan Arbutin.

Halaman Selanjutnya
img_title