Pakar Sebut Sumenep Jadi Ikon Wisata Madura

Pemkab Sumenep Luncurkan Kalender Wisata 2023
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Pariwisata di Kabupaten Sumenep kini kian tumbuh dan diharapkan menjadi citra yang apik bagi Madura secara keseluruhan. Tidak hanya itu, tumbuhnya sektor wisata di kabupaten paling ujung timur Pulau Madura tersebut diharapkan jadi pendorong semangat masyarakat Madura untuk bergerak bersama demi memajukan wilayah.

Patut Ditiru, Program CSR Perusahaan Properti Ini Berupa Perbaikan Jalan di Sumenep

Menguatkan citra sebagai ikon Pulau Madura, Bupati Sumenep Achmad Fauzi pun meluncurkan lebih awal Kalender Wisata Sumenep 2023 beberapa waktu lalu. Menurut Dekan FISIP Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam, gagasan menumbuhkan wisata sebagai citranya Madura merupakan terobosan yang baik dari Bupati Sumenep.  

“Gagasan membangun wisata Madura itu cukup progresif dan cerdas. Sebuah langkah maju. Ini sekaligus bisa mengikis anggapan ego sektoral dan ego sentris di Madura. Ini tentu sebuah langkah maju,” kata Surokim Abdussalam, Selasa, 27 Desember 2022.

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Menurut Surokim, Kabupaten Sumenep layak menjadi kebangkitan pariwisata di Madura. Itu karena Sumenep memiliki beragam destinasi wisata dan budaya, sehingga bisa bersaing di tingkat nasional, juga internasional.

“Achmad Fauzi cukup progresif mengembangkan berbagai wisata, khususnya bahari dan kepulauan di Sumenep. Kunjungan wasatawan ke Sumenep juga terus meningkat,” ujarnya.

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Peneliti senior SSC itu mengungkapkan, keunggulan di sektor pariwisata berhasil dikemas dengan apik oleh Achmad Fauzi, sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang. “Banyak destinasi tersembunyi dan masih alami ada di Madura dan kawasan timur. Sumenep memang layak menjadi pioner pengembangan destinasi wisata di Madura,” katanya.

Dalam catatan Surokim, pembangunan di Kabupaten Sumenep menunjukkan progres signifikan. Karenanya, dengan kebijakan Achmad Fauzi akan mengawali kebangkitan sektor pariwisata di Madura. “Berbagai indikator kemajuan bisa diraih oleh Sumenep, dan itu cukup meyakinkan,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title