Pilihan Wisata Tahun Baru 2023 di Jatim, Tawarkan Eksotisme Alam nan Sejuk

Puncak Seruni Point Gunung Bromo
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Jawa Timur tidak pernah kalah dalam sektor wisata. Di momen pergantian tahun pekan ini, sejumlah destinasi wisata, baik alam, religi maupun buatan dapat memanjakan para wisatawan yang hendak melepas penat. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Jawa Timur selama pekan liburan pergantian Tahun Baru 2023. Sebab menurutnya Jawa Timur menjadi pilihan pas untuk berlibur lantaran memiliki banyak destinasi wisata eksotik di 38 Kabupaten/Kota. Baik itu wisata alam, budaya, hingga kuliner yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

"Wisata alam lengkap, mulai dari gunung, kawah, pantai, sungai, lautan, tempat surfing, snorkeling, paralayang, dan lain sebagainya. Budaya ada Tenger, Osing, Madura, dan masih banyak lagi. Sedangkan kuliner, saya yakin cita rasa masakan Jawa Timur cocok di semua lidah," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 29 Desember 2022. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Dengan potensi yang dimiliki Jatim, Gubernur Khofifah optimis perjalanan Wisatawan Nusantara (Wisnus) pada tahun 2023 di Jawa Timur akan mampu mencapai 238,8 juta. Target ini cukup terukur mengingat Jawa Timur menjadi provinsi tertinggi dengan jumlah perjalanan Wisnus nasional, pada tahun tahun 2020 dan 2021. Detailnya, pada tahun 2020 kunjungan Wisnus ke Jawa Timur sebanyak 126.676.862 dan pada tahun 2021 sebanyak 145.114.120.

Khofifah menuturkan, sektor pariwisata Jawa Timur terus berbenah, terutama dalam hal  pembangunan insfrastruktur penunjang pariwisata. Harapannya, wisatawan yang berkunjung tidak hanya merasa aman dan nyaman, tapi dapat pulang dengan bahagia. 

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Khofifah mencontohkan pengembangan di kawasan Pacitan yang terkenal dengan sebutannya 'Kota 1001 Goa'. Selanjutnya di kawasan utara seperti Gresik dan Tuban, Jawa Timur pun tak lepas dari Wisata Religi beserta dengan kegiatan ziarahnya.

"Nah, untuk bagian tengah selatan terdapat Bromo Tengger Semeru (BTS). Yang akan menjadi sesuatu yang baru dan  menarik para pengunjung adalah jembatan Kaca Seruni Point yang akan kita resmikan dan akan  menjadi tempat ikonik di BTS," kata Khofifah.

Halaman Selanjutnya
img_title