Mengenal 7 Negara Kembaran Indonesia, Presiden dan Warganya pun Berdarah Jawa

Salah satu ruas jalan di Suriname
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Sebagai negara berdaulat dan disebut-sebut sebagai surganya dunia, pengaruh Indonesia di negara luar ternyata cukup kuat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya Negara-negara lain yang memiliki kemiripan dengan Indonesia, baik dari segi identitas kenegaraan maupun asal usul keturunan penduduknya.  

Gawagus se-Jawa dan Madura Silaturahmi Berikan Dukungan ke Gibran

Meski beberapa kesamaan itu juga terjadi karena faktor alam, atau tanpa adanya kesengajaan, namun secara garis besar dinamika kehidupan sosial penduduknya telah dipengaruhi Indonesia dan populasinya kian membesar hingga saat ini. Bahkan beberapa justru presidennya berdarah jawa

Hal itu terjadi karena banyak faktor, salah satunya pengaruh ekonomi. Dimana banyak warga Indonesia yang dulunya merantau hingga menetap di negara tersebut hingga beranak-pinak. Berikut ini ulasan lengkapnya dikutip dari Viva Lifestyle pada Senin, 16 Januari 2023.

Senin Depan, Prasasti Lawadan Bakal di Pindah ke Museum Tulungagung

Suriname

Negara pertama yang mirip atau kembaran Indonesia adalah Suriname. Negara ini cukup banyak memiliki warga keturunan Jawa. Hampir 15% dari 618.000 orang Jawa bermigrasi ke Suriname antara tahun 1890-1939. 

Mengenal Karamah 5 Kiai Khas di Jawa, bikin Penjajah Takluk

Pengaruh etnis Jawa di Negara ini cukup kuat, bahkan mencalonkan diri sebagai Presiden tahun 2015. Ia adalah Raymond Sapen, warga asli Jawa tepatnya Banyumas. Sebelumnya ia juga telah malang-melintang di dunia pejabat pemerintahan di negara tersebut.

Kepulauan Cocos

Halaman Selanjutnya
img_title