Musim Hujan Jalan Raya Kerap Berlubang, Begini Tips Aman Melewatinya

Jalan tol Jakarta-Tanggerang rusak dan berlubang
Sumber :
  • Viva

Jatim – Walaupun memilih kendaraan bermotor menjadi salah satu pilihan yang nyaman dan efisien untuk mencapai tujuan, akan tetapi bukan berarti di perjalanan akan berlangsung dengan mulus. 

2 Perempuan Pengendara Scoopy di Surabaya Terpeleset Tertabrak Mobilio hingga Tewas di TKP

Biasanya pengendara motor akan dihadapkan dengan jalan yang berlubang, apalagi di musim hujan saat ini, banyak lubang yang sangat dalam. Hal itu dapat membuat kendaraan rusak bahkan kecelakaan.

Dikutip dari viva.co.id pada Rabu, 8 Maret 2023. Berikut tips melewati lubang jalan raya dengan aman dan benar. 

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Pertama, jangan melakukan pengereman mendadak karena berisiko ditabrak oleh kendaraan yang ada di belakang. Perlu diingat, bahwa pengemudi di belakang tidak tahu apa yang ada di depan sehingga penting untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Kedua yakni jangan langsung menghindar atau pindah lajur, sebab jika dilakukan dalam waktu cepat berisiko menyenggol atau menabrak kendaraan lain yang sedang melintas di saat bersamaan. 

Pemotor di Mojokerto Tewas Tertabrak Truk Saat Hendak Belok di Jalan Menikung

Hal pertama yang harus dilakukan apabila melihat ada lubang di depan, yakni cek spion sembari mengangkat kaki dari pedal gas. Injak rem secara halus, lalu lakukan manuver untuk menghindar sembari tetap memperhatikan kondisi lalu lintas.

Apabila tidak dapat menghindar, maka angkat semua kaki dari pedal dan biarkan mobil melewati lubang tersebut. Jangan injak rem, karena bobot mobil akan pindah ke depan dan membuat pelek harus menanggung beban lebih besar ketika menghantam lubang. 

Halaman Selanjutnya
img_title