Kiat Sukses Hindari Rasa Lemas dan Kantuk saat Puasa Ramadan

Ilustrasi Dehidrasi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Bila tidak menjaga stamina tubuh dengan baik, menjalani ibadah puasa Ramadan akan terasa lebih sulit. Apalagi harus menjalaninya selama satu bulan penuh. Banyak cobaan yang menghampiri, seperti dehidrasi, rasa lemas, dahaga, lapar dan sejumlah persoalan lain yang menimpa akibat tubuh tak stabil.

Bagaimana Hukum Puasa Tapi Tidak Salat, Sahkah Puasanya?

Namun kali ini, pembahasan akan lebih ditekankan kepada rasa lemas yang tak jarang dialami oleh seseorang saat ia menjalani ibadah puasa. Berat sekali rasanya melakukan banyak aktivitas lantaran tubuh lemas dan tak berdaya. Apalagi juga disertai rasa kantuk.

Selain lapar dan haus, salah satu tantangan kita saat menjalankan ibadah puasa adalah tubuh kerap terasa lemas dan mengantuk. Hal ini tentu wajar, mengingat bahwa hampir satu hari, kita tidak mengonsumi apapun, baik cairan maupun makanan.

Video Mesum Remaja Pacitan di Siang Bolong Bulan Ramadan Gemparkan Warga

Lemas dan mengantuk saat berpuasa bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan pola makan dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Ketika seseorang berpuasa, pola makan mereka berubah drastis. Hal ini bisa menyebabkan perubahan kadar gula darah dan energi dalam tubuh. Ketika kadar gula darah turun, seseorang bisa merasa lelah dan mengantuk.

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Minuman Alami Ini, Puasa Dijamin Lancar!

Selain itu, ketika tubuh mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan, seseorang bisa merasa lelah dan mengantuk.

Kurangnya asupan nutrisi pada saat sahur bisa menjadi faktor yang menyebabkan seseorang mengantuk saat berpuasa. Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur sebaiknya seimbang dan bergizi agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga stamina dan energi selama berpuasa.

Halaman Selanjutnya
img_title