Melihat Budidaya Buah Tin Asal Timur Tengah di Mojokerto Menggunakan Autopot

Budidaya Buah Tin Asal Timur Tegah di Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimBuah tin termasuk buah yang istimewa. Namanya disebutkan dalam Alquran yakni surat At Tin. Di Indonesia buah ini tergolong langka  tapi buah ini memiliki banyak manfaat.

Ketahui 4 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Masyarakat Indonesia belum banyak yang tahu buah asal Timur Tengah ini bisa tumbuh di Indonesia. Tetapi, tidak bagi Yayan, salah satu pembudidaya buah tin.

Warga Dusun Joho, Desa Tempuran, Kacamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto ini baru memulai membudidayakan buah bernama latin Ficus carica bulan November 2022. 

Usai Sholat Idul Adha, Gubernur Khofifah Ajak Cucu Tanam Golden Melon  di Green House Masjid Al Akba

Yayan bersama karyawannya, Anang Faisal membudidayakan buah tin dengan cara green house. Menurut Faisal,  buah tin memiliki banyak manfaat. Daun dan buahnya bisa digunakan untuk pengobatan. Seperti membantu melancarkan serta menyehatkan pencernaan, mengatasi maag, dan mengobati diabetes. Daun pohon tin juga bisa dimanfaat menjadi minuman teh. 

Mengenai perawatan, Faisal ini tidak merasa kesulitan. Selagi airnya cukup dan terkena sinar matahari buah tin akan tumbuh dengan baik. 

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Bisa Buat Diet Lho!

“Perawatannya nggak sulit, airnya jangan kebanyakan dan harus kena sinar matahari yang cukup. Mengenai kondisi tanah saat proses tanam juga dikasih pupuk,” katanya kepada Vivajatim, Kamis, 30 Maret 2023. 

Faisal juga pernah mendapati tanamannya terserang hama. Daun yang awalnya hijau berubah menjadi kering dan timbul bintik-bintik putih. Ia pun menyiasati dengan disemprot obat antihama.

Halaman Selanjutnya
img_title