Manfaat Konsumsi Cincau Bisa Kontrol Gula Darah

Cincau hitam
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Minuman segar menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat berbuka puasa. Biasanya, banyak umat muslim yang berburu minuman dingin untuk disantap lebih dulu saat adzan Magrib tiba.

Lewat Buka Puasa Bersama, MKI Bangun Konsolidasi antar Sektor Ketenagalistrikan

Salah satu jenis minuman segar yang sering diburu oleh masyarakat untuk dikonsumsi saat berbuka adalah cincau. Cincau disebut-sebut dapat memberikan sensasi segar setelah berpuasa seharian. Lantas, amankah konsumsi cincau saat berbuka puasa?

Menurut spesialis gizi klinik, dr. Marya W. Haryono, M.Gizi, SpGK, cincau aman dikonsumsi lantaran cincau memiliki banyak manfaat kesehatan.

Simak 5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa, Kaya Nutrisi!

"Aman karena benefit untuk kesehatannya, seratnya, kesegarannya. Dalam pengolahan cincau agar seperti jelly (teksturnya) dicampur air, kemudian diolahnya dengan air dan campuran buah tentu ini bagus kalau dijadikan sajian saat berbuka," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 3 April 2023.

Selain itu, cincau juga diketahui baik dikonsumsi saat berbuka puasa terutama bagi mereka yang memiliki masalah gula darah. Sebab, cincau dapat membantu mengendalikan gula dalam darah.

Inovasi Usaha Minuman dari Buah-buahan, Potensi Cuan di Bulan Ramadan

"Cincau itu ada hijau dan hitam, ini bukan pakai pewarna. Cincau hitam berasal dari daun setelah diolah jadi hitam demikian juga cincau hijau, ini digunakan turun-temurun cairan untuk menyegarkan, turunkan hipertensi dan mengendalikan gula darah karena serat dalam cincau mampu mengendalikan gula darah. Selain buka, dikonsumsi sebelum imsak baik, karena serat cukup menjaga agar tidak cepat lapar dan jaga gula darah," jelas Marya.

Marya juga menjelaskan bahwa tiap jenis cincau memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Seperti cincau hitam tinggi serat yang bisa melancarkan pencernaan, sementara itu, cincau hijau mengatasi radang tenggorokan dan menurunkan tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
img_title