Bahaya Motor Dicuci saat Mesin Masih Panas

Ilustrasi mencuci motor.
Ilustrasi mencuci motor.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

Jatim – Berhati-hatilah saat mencuci sepeda motor. Banyak hal yang perlu diperhatikan kendati itu terkesan sepele. Bila sial, bukan kondisi motor bersih dan kinclong, malah hal tidak baik menimpa motor Anda. Salah satunya soal kondisi mesin saat motor dicuci.

Biasanya, pemilik motor tak ingin menunggu lama-lama saat mendatangi tempat pencucian motor. Mereka ingin motornya segera dicuci agar bisa cepat dan segera beraktivitas. Karena ingin cepat, terkadang saat dicuci kondisi mesin motor masih panas. 

Ternyata, mengutip dari viva.co.id, kondisi mesin motor panas tak bagus untuk dicuci. Ada beberapa dampak tidak baik bagi mesin motor apabila dicuci saat masih kondisi panas. Berikut ini ulasannya, seperti dilansir dari Wahana Honda:

Thermal shock 

Alasan pertama untuk menunggu mesin motor dingin sebelum mencuci adalah untuk menghindari terjadinya thermal shock. Istilah ini ialah terjadinya penyusutan material secara tiba-tiba karena paparan air dingin. 

Apalagi, ada banyak komponen pada bagian mesin motor sehingga menyebabkan timbulnya penyusutan fungsi. Kondisi inilah yang disebut dengan thermal shock. 

Menghindari Uap