Waktu Ideal Berolahraga di Bulan Puasa Menurut Pakar Kesehatan

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • U-Report/Viva.co.id

JatimPakar kesehatan Universitas Airlangga (Unair) Lilik Herawati mengingatkan pentingnya untuk tetap berolahraga saat puasa Ramadhan. Ia pun menganjurkan saat berpuasa untuk melakukan olahraga intensitas ringan sampai sedang. Untuk jenisnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing seperti jogging, berjalan, bersepeda, maupun senam.

3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Lilik menjelaskan, bagi remaja atau dewasa yang tidak memiliki gangguan dalam persendian, tidak ada penyakit tertentu, dan berat badan normal, dianjurkan melakukan jogging. Namun, bagi lansia maupun seseorang yang overweight atau obesitas, sebaiknya cukup berjalan dan bersepeda.

"Lantaran jika berlari dapat membahayakan sendi-sendi lutut. Berenang sebenarnya juga boleh tetapi saat puasa mungkin khawatir ada air yang tertelan," ujarnya dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Jumat, 7 April 2023.

Tanpa Provokasi dan Politisasi, Ksatria Muda Airlangga Suarakan Pemilu Bermartabat di Surabaya

Lilik melanjutkan, terdapat beberapa cara dalam membedakan intensitas olahraga apakah ringan, sedang, atau berat. Cara yang paling mudah yakni dengan tes bicara. Jika seseorang yang sedang olahraga sembari bernyanyi dan berkomunikasi dengan lawan bicara, maka itu termasuk kategori olahraga intensitas ringan.

"Sedangkan, jika bicara masih bisa namun sulit untuk bernyanyi, maka itu termasuk olahraga kategori intensitas sedang. Sementara, jika telah kesusahan bicara, apalagi menyanyi saat olahraga, maka itu termasuk intensitas berat," ujarnya.

Akademisi Unair Surabaya Kecam Upaya Pelemahan Demokrasi di Pemilu 2024

Lilik mengatakan, penyiasatan olahraga pun menjadi perlu, terlebih soal waktu. Ia menyarankan waktu yang ideal berolahraga yakni saat menjelang berbuka puasa. Lantaran, ketika berolahraga, relatif terjadi kehilangan cairan tubuh dan merasa haus. Situasi itu dapat segera kembali pulih saat berbuka.

"Kalaupun dilakukan di pagi hari setelah sahur juga boleh, asalkan tidak terlalu berat," kata Lilik.

Halaman Selanjutnya
img_title