Cara Merawat Kulit agar tak Terbakar Matahari saat Cuaca Panas Ekstrem

Ilustrasi Cuaca Panas Ekstrem
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan terjadinya cuaca panas ekstrem. Tak ayal bila di seluruh wilayah di tanah air panas matahari terasa begitu menyengat. Hal ini tentu mengakibatkan aktivitas masyarakat sedikit terganggu. Utamanya yang beraktivitas di luar ruangan.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

BMKG lantas mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga kulit agar terhindar dari sengatan matahari. Selain menghindari pakaian gelap dan mengonsumsi air es, masyarakat juga hendaknya menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Lantas bagaimana cara penggunaan sunscreen yang tepat saat cuaca panas ekstrem seperti saat sekarang ini?

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Terkait hal itu, Medical Innovation Expert, dr. Claudia Christin angkat bicara. Dijelaskan Claudia bahwa setiap orang dengan jenis kulit apapun diwajibkan menggunakan sunscreen“Semua jenis kulit, sih. Mau berminyak, kering, normal, sensitif harus waspada. Karena ini hubungannya sama sinar matahari, radiasi sinar UV. Gak ngenal jenis kulitnya, semua pasti kena dampaknya. Jadi harus banget pakai sunscreen lagi di masa-masa gini UV infeksi lagi tinggi-tingginya jadi rajin pakai sunscreen,” kata dia dikutip dari VIVA, Kamis, 4 Mei 2023.

Lebih lanjut diungkap Claudia, jenis sunscreen yang digunakan bisa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Seperti diketahui SPF berfungsi untuk memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit akibat paparan sinar UVB matahari.

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

“Minimal SPF 30. Kalau makin tinggi makin bagus. Karena pakai sunscreen jumlahnya harus banyak. Kebanyakan orang kalau pakai gak sebanyak yang seharusnya. Jadi, gak dapat proteksi sesuai label,” ujarnya.

Claudia menjelaskan untuk penggunaan sunscreen sendiri juga harus dire-apply setiap tiga hingga empat jam sekali.

Halaman Selanjutnya
img_title