Samsung Jadi HP yang Paling Mudah Diperbaiki Kalahkan Apple

Perang Samsung dengan Apple.
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim –Sebuah studi oleh Electronics Hub menyatakan bahwa Samsung kini telah menjadi merek teratas sebagai smartphone yang paling ramah perbaikan pada tahun 2022, mengalahkan Apple dengan margin yang besar. 

Selamat! Inilah 3 Pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4

Studi tersebut didapatkan dengan mengumpulkan data dari iFixit untuk menentukan smartphone mana yang paling mudah dan paling sulit untuk diperbaiki di rumah, berdasarkan rata-rata waktu perbaikan dan tingkat kesulitan instruksi panduan perbaikan yang ditemukan secara online.

Ponsel Samsung Galaxy yang dirilis pada tahun 2022 ternyata paling mudah untuk diperbaiki, dengan Galaxy S22 Ultra menempati peringkat ketiga dalam hal kemudahan perbaikan DIY setelah Galaxy A40 (2019) dan Moto G7 yang diluncurkan pada tahun yang sama.  

3 Tim Inovator Muda Jadi Juara Samsung Solve for Tomorrow 2023

Galaxy A40 memiliki waktu perbaikan rata-rata 32,6 menit per perbaikan, dengan 42,9 persen perbaikan dianggap mudah. Sementara Galaxy S22 Ultra memiliki waktu perbaikan rata-rata 48,1 menit, dengan 33,3 persen perbaikan mudah dilakukan. 

Sementara itu, smartphone yang paling sulit diperbaiki adalah Google Pixel 7 (2022), dengan rata-rata waktu perbaikan rumah 60,3 menit. Galaxy Note 10 juga diberi label tidak ramah perbaikan DIY, dengan waktu perbaikan rata-rata 58,4 menit dan instruksi perbaikan berlabel sulit diikuti.

China Larang PNS dan Karyawan BUMN Pakai iPhone

Menariknya, Samsung juga menjadi merek teratas dalam hal keramahan perbaikan rumah pada tahun 2013 dan 2014, setelah itu kalah dari merek lain seperti Google , Motorola , Apple , dan Xiaomi. 

Namun, pada tahun 2022, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mendapatkan kembali posisinya sebagai merek smartphone yang paling bisa diperbaiki di dunia, menurut laman Gizmochina, Jumat, 7 Mei 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title