Ini Tips Agar Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Ilustrasi Tidur
Sumber :
  • Istimewa

Semprotan bantal, 'sleepy tea' dan mindfulness dikatakan bisa menjadi jawaban untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Tetapi orang yang kurang tidur harus berhati-hati, karena solusi ‘kebiasaan tidur' ini cenderung memperburuk masalah mereka, seorang ahli telah memperingatkan.

Intip Menu Sahur 5 Artis Indonesia, Nomor 3 Cuma Makan Siomay

Orang yang terlalu terpaku pada rutinitas kamar tidur mereka, dengan trik seperti teh chamomile, semprotan bantal, mandi sebelum tidur, tirai anti tembus pandang dan yoga, mungkin menjadi terlalu 'waspada' tentang tidur dan malah mempersulit tidur, menurut pakar insomnia Kathryn Pinkham, mantan praktisi psikologis melansir NHS, Senin, 22 Mei 2023.

Ahl berkata bahwa lebih baik mencoba teknik 'melatih kembali' jam tubuh dengan menghabiskan lebih sedikit waktu terjaga di tempat tidur, dan tidur lebih larut, untuk meningkatkan 'nafsu' tubuh untuk tidur.

3 Prinsip Sarirasa dalam Mempertahankan Warisan Kekayaan Indonesia

Berbicara di acara Postcards from Midlife Live di London, Pinkham berkata: "Kebanyakan orang yang datang kepada saya telah mencoba segalanya dan mereka telah membeli segalanya untuk tidur, mereka telah mengubah segalanya, mereka telah membaca segalanya, dan mereka masih belum bisa tidur nyenyak," bukanya.

"Jika Anda berpikir tentang rumus dari mana masalah tidur berasal, sebenarnya semakin banyak yang Anda lakukan untuk mencoba dan membuatnya lebih baik, semakin buruk jadinya, karena Anda berusaha terlalu keras," lanjunya. 

5 Cara Ampuh Berhemat, Keuangan Dijamin Aman hingga Akhir Bulan

"Kebersihan tidur adalah hal-hal seperti berhenti mengonsumsi kafein, tirai anti tembus pandang, berhenti minum alkohol. Tidak ada saran yang buruk, tapi itu bukan obat untuk kurang tidur." paparnya.

Dia menambahkan: "Anda memiliki rutinitas angin yang panjang di mana kamu berfikir "saya harus mandi, saya harus melakukan yoga selama satu jam, saya harus minum teh sebelum tidur, dan saya akan memusatkan perhatian saya untuk tidur. Sebenarnya semua yang Anda lakukan di sana adalah menciptakan rutinitas yang sangat panjang (hingga) anak akan sulit tidur,"

Halaman Selanjutnya
img_title