Saat Cuaca Panas, Jemaah Haji Perlu Konsumsi Oralit Cegah Dehidrasi

Kondisi cuaca panas di Madinah
Sumber :
  • Istimewa

JatimCuaca panas ekstrem yang melanda kawasan Arab Saudi, membuat para jemaah haji harus menjaga kesehatan dengan ekstra. Guna mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, jemaah haji dianjurkan untuk mengonsumsi oralit

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekkah, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Thafsin Alfarizi. Para petugas kesehatan haji turut digerakkan untuk memberikan edukasi pentingnya konsumsi oralit. 

Menurutnya, oralit bukan hanya obat diare. Namun juga sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Sehingga jemaah haji bisa menunaikan ibadah dengan maksimal dan nyaman. 

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

"Oralit itu pengganti cairan tubuh yang hilang kandungan di dalamnya bisa mencegah dan mengobati kurang cairan," kata Alfarizi di KKHI, Madinah, dikutip dari VIVA, Kamis, 1 Juni 2023. 

Alfarizi menjelaskan, suhu yang panas di Arab Saudi dan tingkat kelembaban yang berbeda dengan Indonesia menyebabkan tubuh tak berkeringat. 

Hindari 5 Jenis Makanan Ini saat Sahur, Bisa Sebabkan Tubuh Dehidrasi

Untuk itu para petugas tak henti memberikan edukasi pada jemaah untuk menggunakan payung serta menggunakan sandal saat bepergian, termasuk juga mengedukasi jemaah untuk melakukan ibadah sesuai kemampuan dan tidak lupa mengkonsumsi oralit. 

"Tidak berkeringat, hanya haus yang dirasa, oralit inilah yang jaga keseimbangan dalam tubuh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title