Eksotis, Fenomena Embun Upas Gunung Bromo Jadi Daya Tarik Wisatawan 

Fenomena Embun Upas Gunung Bromo
Sumber :
  • Istimewa

JatimDestinasi wisata Gunung Bromo menawarkan ragam keindahan alam yang eksotik. Salah satunya fenomena embun Upas atau frost yang selama ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Fenomena tahunan ini yang hanya ada kala musim kemarau tiba. 

Dispendik Gresik Larang Siswa SD-SMP Gunakan Sepeda Listrik

Para wisatawan juga akan dimanjakan dengan hamparan pasir membentang luas di lautan pasir yang membeku di pagi hari. Wujudnya pun nyaris menyerupai salju. Tentu saja, para wisatawan dibuat terpukau dengan keindahan alam yang satu ini. 

Seperti momen seru yang dibagikan akun Instagram @Bromonesia, dikutip dari VIVA, Senin, 5 Juni 2023, para wisatawan nampak menikmati sajian alam yang tak mungkin mereka saksikan setiap harinya di tempat-tempat lain. 

Soal Raperda RUED, Pj Gubernur Jatim Dukung Potensi Energi Baru Terbarukan

Kepala Humas Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Hendra menyebut, data awal mula embun upas muncul terjadi pada Selasa, 30 Mei 2023 lalu. Ini katanya fenomena yang selalu muncul di musim kemarau. 

Hendra menuturkan, bahwa untuk menanti embun upas muncul di musim kemarau cukup mudah. Biasanya, embun upas diawali dengan suhu panas yang cukup terik di siang hari. 

Pasar Malam Tjap Toendjoengan Dinilai Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Lalu, pada sore harinya akan muncul kabut tipis. Beranjak pada malam hari suhu menjadi lebih dingin mulai 5 derajat hingga 0 derajat celcius. Setelah itu, embun upas akan muncul di pagi hari. Saat matahari mulai muncul embun upas akan mencair dan hilang dari lautan pasir. 

"Fenomena frost atau embun upas dilaporkan telah terjadi di Lautan Pasir pertama kali pada hari Selasa, 30 Mei 2023. Siang panas terik, sore hari ada kabut tipis, sedangkan pada malam hari dingin antara nol hingga lima derajat mendekati titik beku. Itu tanda-tanda frost bakal dijumpai," kata Hendra, Sabtu 3 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title