Ternyata Kencing dan Susu Unta Miliki Khasiat Pengobatan

Ilustrasi Unta
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Untuk merupakan salah satu hewan ikonik pasang pasir di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Bagi mereka jemaah haji yang tengah menunaikan rukun Islam ke-5 di tanah suci, akan lebih baik jika tak hanya berburu daging unta, melainkan juga kencing dan susunya. 

200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat

Kencing dan susu unta ternyata miliki ragam khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Biasanya para jemaah haji mengunjungi peternakan unta yang terletak di Hudaibiyah, Asyuraeek dan Ja'ronah. 

Bukan hanya sekadar melihat unta, pemandangan di pertenakan ini juga indah di tengah hamparan pasir luas dan tandus dengan bukit batu cadas di sekelilingnya. Berjarak 22 kilometer dari Mekkah, lokasinya tepat berada di tengah di antara Kota Mekkah dan Jeddah. 

195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit, Calon Tamu Allah Bersiaplah

Peternakan unta terbuka ini dijaga para penggembala berasal dari Sudan dan menetap di gubuk tak jauh dari ternak mereka. Unta-unta ini dirawat untuk dijadikan ladang bisnis mereka. Mulai dari dagingnya, susu bahkan air seni unta juga diperjualbelikan.

Mereka meyakini begitu banyak manfaat dari air susu dan juga air seni unta. Hewan ini juga tahan hidup hingga 7 bulan tanpa minum air.  

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

"Kencingnya ini bisa untuk mengobati gatal-gatal, untuk cegah rambut rontok, dan kalau penyakit dalam bisa dicampur sedikit ke dalam susu untuk bersihkan kotoran di perut," kata pemandu wisata menerjemahkan penjelasan penggembala unta, dikutip dari VIVA, Jumat, 16 Juni 2023.

Sementara susu unta, diyakininya bisa meningkatkan stamina hingga mengobati paru-paru kotor. "Manfaat susu unta 100 persen untuk menambah stamina, untuk mengobati paru-paru kotor," kata penggembala lagi. 

Halaman Selanjutnya
img_title